:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Gambaran keluarga dalam Dilan : Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq = Family potrayal in novel Dilan : Dia adalah Dilanku Tahun 1990 by Pidi Baiq

Akbar Prabowo Triyuwono; Ratna Djumala, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Tulisan ini merupakan analisis terhadap novel Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq yang diterbitkan oleh Pastel Books pada tahun 2014. Analisis yang penulis lakukan berfokus pada gambaran keluarga yang terdapat dalam isi novel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan gambaran keluarga dalam novel Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq dalam tinjauan sastra remaja. Penelitian ini bersifat kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan intrinsik dan berbagai konsep dalam tinjauan kesusastraan remaja, maka dapat digambarkan bagaimana peran keluarga dalam pembentukan karakter Dilan sebagai tokoh remaja dalam Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran yang besar dalam membangun karakter seorang remaja.

ABSTRACT
This paper is an analysis of a novel, titled Dilan Dia adalah Dilanku Tahun 1990 by Pidi Baiq published by Pastel Books in 2014. The author focuses the analysis on the family that is portrayed in the novel. The purpose of this study is to show the family portrayal in the novel Dilan Dia adalah Dilanku Tahun 1990 by Pidi Baiq from the perspective of a young adult literature. This paper is based on a qualitative research. By using an intrinsic concept and any aspect in a young adult literature review, how the role of the family in building the character of Dilan as a teenager can be clearly seen in Dilan Dia adalah Dilanku Tahun 1990. The result of this research indicates that a family has a big role in building the character of a teenager.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Pdf-Akbar Prabowo Triyuwono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 26 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-19-353917954 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20468775