:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pengajaran toleransi pada anak melalui cerita Der Fremde Bruder karya Paul Maar = Tolerance teaching on children through story Der Fremde Bruder by Paul Maar

Ismi Nur Azizah Putri; Lisda Liyanti, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Sastra anak atau disebut juga kinder- und jugendliterature merupakan literatur yang ditujukan untuk anak-anak. Ciri yang membedakan sastra anak dan sastra dewasa dapat dilihat dari penyajian bahasa dan juga tema yang sesuai dengan anak, misalnya tema toleransi. Seperti cerita Der fremde Bruder karya Paul Maar yang digunakan penulis sebagai bahan analisis, di dalamnya banyak menggambarkan perbedaan ras, suku, budaya, dan karakter para tokoh, sehingga tulisan ini bertujuan untuk melihat cara cerita Der fremde Bruder dalam mengajarkan toleransi pada anak. Hal ini dilakukan dengan menganalisis unsur intrinsik yang terdapat dalam cerita tersebut. Penulisan ini dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teori The Elementary and Preteen Years dari Dana Williams. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa cara pengajaran toleransi yang terdapat di dalam cerita Der Fremde Bruder dilakukan dengan memberikan contoh dan diskusi antartokoh mengenai suatu perbedaan.

ABSTRACT
Children 39 s literature or also called kinder und jugendliterature is a literature devoted to children. Characteristics that distinguish children 39 s literature and adult literature can be seen from the presentation of language and also the theme that compose the story, such as the theme of tolerance. The story Der fremde Bruder by Paul Maar, that author used as an analysis material, described many differences of race, ethnic, culture and character of the characters in the story. So this paper aims to analyze the intrinsic elements and explain the way of teaching tolerance to children through the story. It will be analyzed using qualitative descriptive method and theory from Dana Williams. The results of this paper show that the way of teaching tolerance contained in the story of Der Fremde Bruder is done by providing examples and discussions between different artists.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Pdf-Ismi Nur Azizah Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 20 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-19-931330741 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20468802