:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Social critic through the use of humour and satire in Rick and Morty = Kritik sosial melalui guna humor dan satir di Rick and Morty

Ratu Annisaa Suryasumirat; Haru Deliana Dewi, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Humor adalah sebuah aspek fundamental di dalam progress kultur yang juga merefleksikan isu-isu yang ada di dunia sekarang ini. Penggunaan dari hinaan dan humor satir juga telah dikenal sepanjang sejarah dan sekarang juga semakin sering digunakan di serial televisi dewasa. Ini bertujuan untuk merefleksikan dunia guna mendapatkan perhatian dan penerimaan dari penontonnya, sekaligus juga menciptakan perbincangan yang mendorong mereka untuk berpikir lebih kritis, baik untuk melanggar stereotipe atau norma sembari tetap bermain di bawah peraturan masyarakat dan mengatakannya sebagai humor belaka. Ini adalah sebuah isu yang menarik, secara humor dan satir dikenal tidak hanya untuk membuat tertawa, tetapi juga untuk menunjukkan perspektif dan pendirian tertentu; memperlihatkan kegunaan mereka sebagai alat untuk kritik sosial. Artikel ini akan memberikan analisis kritis menggunakan kutipan dari season pertama dan kedua dari sitkom Adult Swim berjudul Rick and Morty dalam bentuk transkrip dialog yang memiliki humor atau satir relevan untuk dianalisis mengenai isu-isu di masyarakat akan ketidakpercayaan terhadap pemerintah dan representasi gender. Jelas terlihat bagaimana humor dan satir dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan makna sosial dan menciptakan pengetahuan kepada penontonnya tanpa terang-terangan menyinggung.

ABSTRACT
Humour has always been a fundamental aspect in the progress of culture that surprisingly also reflects the current issues of the world. The use of offensive and satirical humour themselves have been known throughout history, and now they are even more commonly used in adult television series, aiming to reflect the world in order to gain the acceptance and interest of its viewers, as well as creating conversation and prompting them to think more critically, either for the purpose of breaking stereotypes or the norms, while also playing under the society rsquo s rule and passing it off as merely humour. This is an interesting issue, as evidently humour and satire not only elicit laughter, but also show certain perspectives and stances that reflect their ability to function as a tool for social criticism. This paper will give a critical analysis using the excerpts of the first and second season of the Adult Swim sitcom Rick and Morty in the form of dialogue transcript which contain the relevant humour or satire to be analysed concerning the issues of the society rsquo s distrust in the government and gender representation. It is apparent how humour and satire can act as a tool to relay social meaning and create knowledge within its audience without outright being offending.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Pdf-Ratu Annisaa Suryasumirat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 14 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-19-607972915 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20468833