Janji Gratis Umrah Pada Iklan Produk: Suatu Kajian Hukum Islam dan Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. = Janji Gratis Umrah Pada Iklan Produk: Suatu Kajian Hukum Islam dan Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia
Soraya Dharmawaty Francis;
Yeni Salma Barlinti, supervisor; Henny Marlyana, examiner; Gemala Dewi, examiner; Wahyu Andrianto, promotor
([Publisher not identified]
, 2015)
|
ABSTRAK Islam merupakan agama dengan jumlah penganut terbesar di Indonesia. Parapenganut ini secara otomatis merupakan subyek hukum Islam. Hal ini berartibahwa hukum Islam dengan subyek yang besar ini menuntut pengaturan sertaperkembangannya seiring berkembangnya taraf kehidupan sosial dan ekonomisubyeknya. Metode pemasaran melalui iklan di Indonesia saat ini memperlihatkankondisi yang memprihatinkan. Terdapat iklan yang dalam publikasinya danberedar luas di masyarakat hanya mementingkan keuntungan pribadi atau pihakpihak tertentu semata tanpa mengindahkan kepentingan konsumen yangdirugikan. Tidak segan-segan publikasi ikan ini juga dilakukan oleh pelaku usahamuslim misalnya dengan menawarkan "janji gratis umrah" kepada khalayak iklanyang juga muslim. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang PerlindunganKonsumen sebagai payung hukum perlindungan konsumen di Indonesia dengantegas melarang penggunaan kata "gratis" dalam iklan jika kenyataannyakonsumen harus membayar biaya-biaya lain. Hukum Islam pada dasarnya jugatelah mengatur hal ini secara prinsip. Pengaturan secara prinsip ini yang kemudianpenting untuk dikaji dalam penulisan ini. ABSTRACT Islam is a religion that has the biggest number of believers. These believersautomatically become subjects of Islamic Law. It means that Islamic Law with thebiggest number of subjects demands the regulation and development along withthe development of social and economy living standards of its subjects.Nowadays, marketting method through advertisement in Indonesia demonstrate aheartbreaking situation. There some advertisement which in their publication andspread in the society only concern about benefits for certain parties withoutconcern about the disadvantaged consumers. Moreover, these also conducted bymoslem enterpreneurs such as offer "Promise for free umrah" to the advertisingaudience who also moslem. Law No. 8 Year 1999 about Cunsomer Protection asthe umbrella of cunsomer protection law in Indonesia strictly ban the use of word"free" on advertisement if in fact cunsomers should pay other costs. Islamic Lawbasically had regulated this in principle. This principle regulation then importantto be studied in this paper. |
![]() ![]()
|
No. Panggil : | S70192 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 138 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI., Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S70192 | 14-18-470012201 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20469172 |