Ki hadisukatno: pendidikan karakter melalui kesenian jawa / Yustina Hastrini Nurwanti
Yustina Hastrini Nurwanti;
(BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA D.I. YOGYAKARTA, 2017)
|
Ki Hadisukatno adalah alah satu tokoh yang menggunakan kesenian sebagai alat pendidikan karakter. Hal ini sejalan dengan konsep Taman Siswa yaitu pendidikan berbasis budaya. Pendidikan karakter harus dimulai sejak usia dini (anak-anak). Permasalahan yang dibahas dalam artikel ini adalah peran dan ketokohan Ki Hadisukatno dalam ikut mengembangkan karakter generasi muda, khususnya anak-anak melalui budaya Jawa. Artikel ini merupakan hasil kajian pustaka dari beberapa sumber tulisan dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Ki Hadisukatno berperan sebagai guru sekaligus pamong dalam mendidik siswa melalui tembang dolanan anak dan langen carita. |
No. Panggil : | 400 JANTRA 12:2 (2017) |
Entri utama-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Yogyakarta: BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA D.I. YOGYAKARTA, 2017 |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
ISSN : | 19079605 |
Majalah/Jurnal : | Jantra Jurnal Sejarah dan Budaya |
Volume : | Vol. 9, No. 2, Desember 2017: Hal. 203-214 |
Tipe Konten : | teks |
Tipe Media : | unmediated |
Tipe Carrier : | Volume |
Akses Elektronik : | |
Institusi Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan Universitas Indonesia, lantai 4, R. Koleksi Jurnal |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
400 JANTRA 12:2 (2017) | 03-18-847096532 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20469813 |