:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pollen record of the permian marine sediments from west timor / Eko Budi Lelono

Eko Budi Lelono; (LEMIGAS Research and Development Centre for Oil and Gas Techonolgy Afilliation and Publication Divison, 2017)

 Abstrak

Makalah ini merupakan publikasi pertama yang mengungapkan hasil studi palinologi pada sedimen laut berumur Perem di Timor Barat. Studi ini bertujuan untuk menganalisis kandungan fosil palinomorfnya. Sebelumnya studi palinologi pernah juga dilakukan pada sedimen Perem, tetapi khusus untuk sedimen non-marin. Sebanyak 16 perconto dipilih dari bantuan yang tersingkap di sungai Lilana. Singkapan batuan ini merupakan bagian dari Formasi Bisane yang tersusun oleh perselingan serpih dan batupasir gampingan. Untuk mendapatkan kandungan fosil palinomorf, perconto diproses di laboratorium menggunakan teknik preparasi standar seperti acid maceration dan oksidasi. Studi ini menerapkan metode kuantitatif yaitu menghitung fosil palinomorf yang muncul pada setiap perconto. Studi palinologi memperlihatkan kandungan polen rendah sampai sedang yang umumnya terdiri atas striate dan non-striate bisaccates serta trilete monosaccates. Fosil index penentu umur berhasil ditemukan antara lain Protohaploxypinus samoilovichi, Lunatisporites pellucidus, Falcisporites australis, Plicatipollenites malabarensis and Cannanoropollis janakii. Berdasarkan kehadiran fosil index ini yang juga ditemukan pada sedimen non-marin, disimpulkan bahwa umur perconto batuan adalah Perem. Di sisi lain, kemunculan dinoflagelata laut Dapsilidium langii dan Veryhachim reductum ditunjang melimpahnya fosil makro chrinoids menunjukan lingkungan pengendapan laut dangkal. Hasil riset yang menarik adalah ditemukannya alga hijau Tasmanites sp. dalam jumlah cukup yang merupakan bukti kuat bahwa sedimen laut dangkal Formasi Bisane yang berumur Perem merupakan batuan induk hidrokarbon di Timor Barat.

 Metadata

No. Panggil : 620 SCI 40:1 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: LEMIGAS Research and Development Centre for Oil and Gas Techonolgy Afilliation and Publication Divison, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
ISSN : 20893361
Majalah/Jurnal : Scientific Contributions Oil & Gas
Volume : Vol. 40, No. 2, Agustus 2017: Hal. 75-84
Tipe Konten : teks
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
620 SCI 40:1 (2017) 03-18-195253971 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20469888