:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Political Economic Analysis of Rice Self-Suffiency In Indonesia = Analisis Ekonomi Politik Swasembada Beras di Indonesia

Sri Nuryanti, Dedi Budiman Hakim, Hermanto Siregar, M. Husein Sawit (Indonesian Agency for Agricultural Research and Development, 2017)

 Abstrak

Program swasembada beras merupakan program penting di Indonesia. Program tersebut mempunyai empat target utama, yaitu peningkatan produksi, stabilisasi harga dan cadangan bers pemerintah, serta penghentian impor. Guna mencapai tujuan tersebut, pemerintah memberi mandat kepada badan usaha milik Negara, yaitu Bulog untuk melaksanakan kebijakan perberasan. Banyak kajian menemukan bahwa keterlibatan badan usaha semacam Bulog dapat memicu kegagalan pemerintah dalam mengalokasikan pendanan.
Pengkajian ini bertujuan untuk mengistimasi biaya social dari program swasembada beras berdasarkan pelaksanaan instrument kebijakan beras oleh bulog. Data yang digunakan merupakan data tahunan pada tingkat nasional periode 2002-2014, pengkajian menggunakan model fungsi preferensi politik untuk mengestimasi rente ekonomi dan kesejahteraan social yang hilang dengan menggunakan nilai elastisitas harga dari permintaan dan penawaran beras.
Hasil kajian menunjukan bahwa rata-rata rente ekonomi yang timbul mencapai Rp6,37 triliun per tahun atau 18,54% dari ketahanan pangan, sedangkan kesejahteraan social yang hilang rata-rata Rp0,90 triliun per tahun atau 2,34% dari dana ketahanan pangan. Hal ini membuktikan bahwa program swasembada beras melibatkan Bulog dalam pelaksanaanya secara ekonomi tidak efisien . pemerintah perlu menyediakan infrastruktur pertanian yang lebih baik, mengkaji ulang harga pembeliaan pemerintah, dan menghentikan impor beras guna meredam kegagalan pasar.

 Metadata

No. Panggil : 630 IJAS 11:2 (2010)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Indonesian Agency for Agricultural Research and Development, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
ISSN : 1411982X
Majalah/Jurnal : Indonesia Journal of Agricultural Science
Volume : Vol. 18 No. 2, Des 2017: Hal. 77-86
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
630 IJAS 11:2 (2010) 03-18-808957635 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470296