:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Ambiguitas diferensiasi agama dan negara di indonesia / Binsar Antoni Hutabarat

Hutabarat, Binsar Antoni; (Reformed Center for Religion and Society (RCRS), Pusat Pengkajian Reformed bagi Agama dan Masyarakat, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Artikel yang berjudul 'Ambiguitas Diferensiasi Agama dan Negara di Indonesia' ini fokus membahas mengenai bagaimana hubungan agama dan negara yang tidak saling menaklukkan. Pertama-tama dipaparkan mengenai riset-riset mutakhir mengenai hubungan agama dan negara, dan dasar teori yang mendasarinya, kemudian dipaparkan teori diferensiasi agama dan negara sebagai jalan tengah terbaik dari hubungan agama dan negara yang tidak saling menaklukkan. Setelah itu dipaparkan konsep diferensiasi agama dan negara menurut Pancasila, dan ambiguitas yang terjadi terhadap kebijakan diferensiasi agama dan negara di Indonesia. Tulisan ini menemukan bahwa pembedaan agama dan negara menurut Pancasila memiliki dasar teori yang kuat, dan relevan untuk Indonesia. Hanya saja ambiguitas diferensiasi agama dan negara itu masih terjadi diskriminasi terhadap agama tertentu, dan masih berlangsung.

 Metadata

No. Panggil : 200 SODE 5:1 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Reformed Center for Religion and Society (RCRS), Pusat Pengkajian Reformed bagi Agama dan Masyarakat, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 24070556
Majalah/Jurnal : Societas Dei
Volume : Vol. 5, No. 1, April 2018: Hal. 7-26
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
200 SODE 5:1 (2018) 03-18-932743890 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470769