:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Toleransi pascakonflik antaragama di tobelo / H. Hans Panjaitan

Panjaitan, H. Hans; (Reformed Center for Religion and Society (RCRS), Pusat Pengkajian Reformed bagi Agama dan Masyarakat, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Artikel 'Toleransi Pascakonflik Antaragama di Tobelo' ini akan mengukur tingkat toleransi beragama di Kabupaten Tobelo untuk melihat kondisi terkini terkait tingkat toleransi beragama di Tobelo. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei terhadap siswa sekolah menengah atas di Kabupaten Tobelo. Pendapat siswa Tobelo dapat menjadi alat ukur untuk melihat tingkat toleransi beragama di Tobelo. Temuan penelitian ini adalah: tingkat toleransi antaragama di Tobelo tinggi, namun berdasarkan data survei integrasi antar-kelompok masyarakat yang pernah terlibat konflik itu masih harus ditingkatkan untuk menumbuhkan rasa saling percaya antar-kelompok masyarakat yang berbeda agama. Karena itu saran penelitian ini adalah pemerintah daerah sepatutnya terus menumbuhkan jiwa dan semangat toleransi di antara pemeluk agama dengan misalnya, membangun komunitas-komunitas beragam agama, khususnya dalam lingkup pendidikan.

 Metadata

No. Panggil : 200 SODE 5:1 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Penerbitan : Jakarta: Reformed Center for Religion and Society (RCRS), Pusat Pengkajian Reformed bagi Agama dan Masyarakat, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 24070556
Majalah/Jurnal : Societas Dei
Volume : Vol. 5, No. 1, April 2018: Hal. 27-47
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
200 SODE 5:1 (2018) 03-18-124722220 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470771