:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengembangan aplikasi repositori karya ilmiah LIPI berdasarkan mobile

Abdurakhman Prasetyadi, Yani Nurhadryani, Engkos Koswara (Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017)

 Abstrak

Repositori LIPI berfungsi untuk menghimpun output intelektual peneliti salah satunya adalah karya ilmiah yang diterbitkan oleh institusinya. Adapun permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pengguna dapat mengakses karya ilmiah yang lebih efisien dan bagaimana kontributor dapat mengunggah karya ilmiahnya secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi Repositori karya ilmiah LIPI berbasis mobile untuk membantu pengguna lebih mudah mengakses karya ilmiah yang telah diunggah oleh kontributor di LIPI. Metode dan teknologi yang digunakan adalah aspek-aspek user experience (UX) dan perangkat lunak APP Inventor. Hasil dari penelitian ini telah berhasil membuat tampilan antarmuka aplikasi maka pengguna dapat dengan mudah mencari, menelusur dan membaca karya ilmiah. Selain itu, juga memudahkan para kontributor untuk mengelola konten seperti mengunggah/edit/hapus karya ilmiah melalui laman kontributor. Hasil pengujian akhir aplikasi menunjukkan bahwa dari segi tampilan dan fitur sudah cukup baik, error (rate) hanya 11,1%.

 Metadata

No. Panggil : 607 JPPI 7:1 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI indeng rda
ISSN : 20889402
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian Pos dan Informatika
Volume : Vol.7, No.1, September 2017: hal.59-72
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
607 JPPI 7:1 (2017) 03-18-296107962 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470922