Strategi menembus pasar ekspor komponen otomotif aluminium casting ke Amerika Serikat: studi kasus PT. Wijaya Karya
Seno Utomo Subagyo;
Ilyas Saad, supervisor
([Publisher not identified]
, 1999)
|
RINGKASAN EKSEKUTIF Dengan terjadinya krisis ekonomi, PT. Wijaya Karya-DPM sebagai perusahaan yangbergerak dalam bidang industri komponen otomotif alumunium casting telahmengalami dampak negatif. Volume pasar industri otomotif mengalami penurunan tajampada periode 1997-1998, sehingga kini pasar domestik hanya tersisa 15-20% saja. Padatahun 1997 volume produksi kenaaraan dalam industri otomotif masih mencapai 388.876unit, namun pada tahun 1998 telah menurun menjadi hingga hanya sebesar 58.079 unit.Berbeda dengan kondisi pasar domestik, potensi dan peluang di pasar internasional,khususnya Amerika Serikat sangat memberi harapan.Pasar Industri otomotif Amerika Serikat yang merupakan pasar otomotif terbesar didunia, pada tahun 1998 mempunyai volume pasar 15.515.000 unit kendaraan. Sekitar75% dari total olume pasar tersebut di pasok oleh industri otomotif yang berlokasi diAmerika Serikat sendiri. Industri otomotif Amerika Serikat saat ini dikuasai oleh TlzeBig Three (GM, Ford dan Chrysler) dengan pangsa pasar 78%.Dalam memenuhi kebutuhannya, Amerik Serikat telah mengimpor komponen otomotifdari beberapa negara di dunia termasuk ASEAN dengan total nilai impor sebesar 54,27milyar US dollar. Pemasok utama komponen otomotif Amerika Serikat adalah Meksiko(27% total impor). Negara ASEAN memasok komponen senilai 1,236 milyar dollaratau 2,3%. Diantara negara ASEAN, Indonesia menempati urutan ke-4 dari 7 negaradengan nilai 204 juta dollar. Impor komponen otomotif dari Indonesia pada periode1997-1998 telah mengalami peningkatan 14,6%. Dalam lima tahun terakhir, diantaranegara ASEAN, laju pertumbuhan impor dari Indonesia mengalami kenaikan yangpaling tinggi.Dengan mernanfaatkan kapabilitas dan keunggulan bersaing di pasar domestik sertadidukung faktor keunggulan nasional, PT. Wijaya Karya-DPM menyiapkan langkahstrategis untuk menembus pasar ekspor ke Amerika Serikat.Kapabilitas yang dimiliki PT. Wijaya Karya-DPM meliputi fasilitas dan kemampuanproduksi pengecoran mulai dari teknologi cor sederhana, cetakan pasir (sand casting),cor gravitasi (gravity casting) sampai dengan teknologi cetak tekan (die casting) dengankapasitas total jika diukur dalam tonase adalah sebesar 3.240 ton pertahun. Selain itu,PT. Wijaya Karya-DPM untuk mengendalikan dan menjamin mutunya telah menerapkansistem pengendalian muth ISO 9000. Keunggulan lain yang dimiliki PT. Wijaya Karya-DPM adalah reputasi (brand image) dan SDM.Faktor Nasional yang mendukung keunggulan bersaing PT. Wijaya Karya-DPM meliputiketersediaan bahan baku dan tenaga kerja, tingkat persaingan domestik, kebijakanpemerintah dan depresiasi Rupiah terhadap Dollar.Strategi yang disiapkan PT. Wijaya Karya-DPM untuk menembus pasar Amerika Serikatdifokuskan pada strategi membangun dan rneningkatkan keunggulan bersaing melaluipeningkatan mutu biaya dan kualitas bahan baku serta peningkatan sistem mutudengan menerapkan sistem mamjemen mutu QS 9000. Dalam memasuki pasar AmerikaSerikat dikembangkan strategi ekspor secara langsung dan tak langsung. |
T8050-Seno Utomo Subagyo.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 56 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-18-938604884 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470942 |