Manajemen Biaya Strategik Perusahaan Ritel Khususnya Penyedia Produk Impor: Studi Kasus PT. X
Saragih, Marina Julanita;
Bambang Hermanto, supervisor
([Publisher not identified]
, 2000)
|
ABSTRAK Perusahaan ritel adalah organisasi bisnis yang kegiatannya menjual barang maupun jasakepada konsumen pemakai akhir. Dengan demikian kegiatan ritel adalah semua kegiatan yangmenjamin ketersediaan produk mulai dari proses transfer produk tersebut dari supplier hinggaproduk tersebut sampai di tangan konsumen. Kegiatan utama PT X sebagai perusahaan ritel adalah kegiatan pembelianmerchandise, kegiatan penanganan logistik untuk barang masuk maupun pendistribusiannya,kegiatan pemasaran dan penjualan serta kegiatan pelayanan puma jual. Untuk menunjangkelancaran kegiatan utama tersebut, PT X juga melaksanakan kegiatan-kegiatan pendukungantara lain kegiatan manajemen dan sumberdaya manusia, membangun infrastrukturperusahaan, menggunakan teknologi-teknologi penunjang pelaksanaan perkerjaan sertamelakukan berbagai kegiatan - kegiatan keuangan. Dari analisa internal perusahaan diidentifikasi memiliki kekuatan maupun keunggulandibanding pesaing pada kegiatan pembelian berkaitan dengan kepemilikan hak distributorshipproduk, keunggulan dalam kegiatan pemasaran & penjualan dikaitkan dengan lokasi-lokasitoko yang strategis, keunggulan dalam kegiatan pelayanan puma jual dikaitkan dengan citraperusahaan dalam persepsi konsumen. Namun demikian perusahaan juga diidentifikasimemiliki kelemahan dalam hal penanganan logistik dikaitkan dengan masalah ketepatanwaktu, tingginya biaya penanganan logistik, harga jual produk yang sedikit lebih mahaldibanding pesaing serta biaya operasional yang tinggi. Untuk mempertahankan keunggulan bersaing maka perusahaan perlu mempertahankandan memperkuat semua faktor kekuatan yang telah dimilikinya. Perusahaan juga perlumengatasi kelemahan- kelemahannya dengan melakukan hal-hal berikut, mencari berbagai .altematif yang dapat menurunkan biaya penanganan logistik, memberikan standar kerja waktuuntuk semua kegiatan penanganan logistik serta melakukan pengetatan biaya untuk bidang-bidang yang tidak secara langsung mempengaruhi rangkaian kegiatan kerja. Dari analisa posisi strategik perusahaan disimpulkan bahwa perusahaan memilikipeluang yang lebih besar dibanding pesaing serta memiliki kekuatan bersaing yang lebih besar dibanding pesaingnya. Perusahaan diidentifikasi menjalankan misi bertumbuh dan melakukan strategi diferensiasi dalam menghadapi persaingan. Kedua strategi yang diambil merupakan perpaduan strategi yang serasi dikaitkan dengan sistem pengendalian perusahaan. Dari analisa pemicu biaya dihasilkan bahwa faktor-faktor pemicu biaya adalah faktorwaktu dalam penangaoan logistik barang, penyebaran lckasi toko-toko penjualan, luas dandesigc. toko penjualan, manajemen pengaturan inventori serta fluktuasi kurs mata uang. Untuk mengontol pemicu biaya tersebut maka perusahaan perlu memperhatikan hal-halantara lain, memberikan standar waktu penanganan logistik disetiap bagian yang berkaitandengan penanganan logistik, mengefisienkan biaya pengiriman barang melalui pengaturanwaktu, jumlah pengiriman maupun negosiasi harga. Melihat altematif pengurangan biayadengan mengganti perusahaan pengangkutan yang sekarang digunakan, merubah design tokoyang sekarang ada untuk tujuan memperkecil ratio nilai inventori yang harus disediakan tokodengan nilai penjualan yang dihasilkan, melakukan pembelian produk berdasarkanperencanaan pembelian serta melakukan lindung nilai untuk pembelian mata uang-mata uangpembayaran. |
T11261-Marina Julanita Saragih.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 74 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-18-969565236 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470987 |