:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda butir soal ujian pelatihan radiografi tingkat 1/ Bagiyono

Bagiyono; (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Tenaga Nuklir Nasional, 2017)

 Abstrak

ABSTRACT
Butir soal evalusai hasil belajar yang baik, selain harus menyimpan tingkat kesuksesan yang sesuai dengan tingkat hasil belajar yang akan diukur, juga harus mempunyai daya pembeda yang mampu membedakan peserta pelatihan pandai dan yang tidak pandai secara memadai. guna mendapatkan butir-butir soal yang baik tersebut, tlah dilakukan penelitian untuk menentukan tingkat kesukaran dan daya pembeda dari butir-butir soal ujian. obyek dari penelitian ini adalah butir-butir soal Ujian General dan Ujian Spesifik yang dilaksanakan dalam pelatihan Radiografi tingkat1. analisis dilakukan dengan metode analisis kuantatif dan pendekatan analisis kualitatif diskriptif sederhana. pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan penilaian terhadap setiap butir soal ujian. dari hasil penilaian tersebut kemudian ditentukan tingkat kesukaran dan daya pembeda dari tiap butir soal. dari hasil yang didapat, teramati bahwa perbandingan tingkat kesukaran dari ujian General adalah 2 butir soal sukar, 14 butir soal sedang, 22 butir soal mudah dan 2 butir soal sangat mudah, sedangkan untuk Ujian Spesifik adalah 2 butir soal sukar, 26 butir sedang, 29 butir soal mudan dan 3 butir soal sangat mudah. dari 40 butir soal ujian General 7 butir soal dan 60 butir soal Ujian Spesifik terdapat 12 butir soal yang mempunyai tingkat kesukaran yang tidak sesuai dengan tingkat kesukaran yang diproyeksikan semula. dari hasil analisisdaya pembeda teramati 7 butir soal ujian General dan 11 buir soal ujian Spesifik mempunyai daya pembeda yang sangat rendah. berdasarkan hasil peneltian dapat disimpulkan bahwa jika soal tersebut ingin digunakan lagi, maka pelu dilakukan perbaikan terhadap butir-butir soal tingkat kesukarannya tidak sesuai dnegan proyeksi awal, sedangkan untuk butir-butir yang daya pembedanya sangat rendah harus dibuang.

 Metadata

No. Panggil : 605 WJ 8:1-2 (2007)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Tenaga Nuklir Nasional, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14105357
Majalah/Jurnal : Widyanuklida
Volume : Vol. 16, No. 1, November 2017 Hal: 1-12
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
605 WJ 8:1-2 (2007) 03-18-565811318 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20470998