RIGKASAN EKSEKUTIF Teknologi telah merubah persaingan yang ada diindustri perbankan,pelayanan yang tadinya dilakukan secara tradisional melalui tatap mukadengan karyawan bank pada kantor cabang sebuah bank kini berubah melaluiremote banking yaitu, pelayanan dilakukan dengan melalui peralatan teknologiseperti mesin ATM, phone banking, kartu kredit, virtual kiosk dll. Para nasabahpun menjadi semakin manja dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan/ bank, sehingga mau tidak mau bank-bank yang ada pun semakin bersaing./ untuk memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya melalui inovasi produkproduknya. Consumer banking merupaklan segmen pasar yang menarik untuk dijajaki, hal tersebut karena pola hidup masyarakat yang semakin mobile,pendapatan masyarakat Indonesia yang semakin baik pula.BDN sebagai salah satu Bank Pemerintah yang tadinya lebihterkonsentrasi pada pangsa pasar korporat, kini mulai mengarahkanperhatiannya kepada pangsa pasar retail. Salah satu bentuk pelayanan yangdiberikan untuk pangsa pasar retail adalah pelayanan remote banking melaluiATM (Automated Teller Machine) dalam rangka mengkoordinasi jasa ATM inimaka BDN membentuk ATM Center. Jasa ATM yang dimiliki oleh BDN sendiriterdiri dari ATM Bersama dan ATM Stand alone yang mana kedua jenis ATMini belum merupakan system ATM on line oleh karena itu BDN telahrnenyempurnakan produk jasa ATMnya dengan rnenciptakan satu produk ATMonline yang baru yaitu ATM BDNPAS yang diharapkan nantinya akanmenggantikan jenis-jenis ATM sebelumnya.Untuk melayani jasa ATM BDNPAS ini ATM Center mengalamiketerbatasan-keterbatasan dan kelemahan-kelemahan antara lain, dalampenyediaan infra struktur seperti belum meratanya Jaringan system online yangada di cabang-cabang, kurangnya keahlian Sumber saya manusia yang adasehingga menyebabkan lemahnya penelitian dan pengembangan sehinggabatkan produk ATM BDNPAS kurang dapat bersaing di pasaran.Untuk dapat bersaing maka BDN harus dapat mengidentifikasikantuhan dan keinginan konsumen dan menentukan target nasabah manaYang akan dilayani yang mana berdasarkan survey dan kondisi BDN makaakan lebih menguntungkan jika BDN memilih para karyawan sebagai targetnasabah yang akan. dilayani (Concentric diverczflcation). Strategi yang dipakai diawali melalui pembayaran gaji (payroll package) perusahaan-perusahaan yang ada dilingkungan BDN seperti karyawan BDN, rekanan, nasabah-nasabah perusahaan BDN dengan membuat kartu ATM yang berfungsi sebagai kartu tanda pegawai perusahaan-perusahaan tersebut dan berusaha untuk melakukan strategi guerilla dengan melakukan presentasi-presentasi di perusahaanperusahaan lainnya dalam rangka mengajak perusahaan tersebut untuk melakukan pembayaran gaji kepada karyawannya melalui BDNPAS (Market penetration). Tetapi untuk mencapai target yang ditentukan oleh korporat BDN yaitu 200 mesin ATM yang terpasang pada 27 propinsi pada akhir tahun 1997 dengan pemegang rekening sebanyak 2,9 juta nasabah dengan saldo rata-rata nasabah sebesar 2,5 juta rupiah /perbulan maka ATM Center harus melakukan konsolidasi kedalam dengan melakukan promosi, Wan, mempercepat proses pembukaan rekening, pendistibusian kartu dan PIN mengarahkan kartu ATM BDNPAS tidak hanya sebagai sarana untuk melakukan penarikan uang di mesin ATM saja tetapi juga sebagai simbol atau status bagi pemegangnya (Market development) ; melakukan penyempurnaan terhadap feature produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah dengan menekankan kepada reliabilitas, keamanan, dan kenyamanan melalui quality asurance yang baik ntuk setiap proses, dan standarisasi pelayanan terhadap nasabah yang baik(Product Development) ; mengkoordinasi pihak-pihak yang terkait dalam operasional ATM , yaitu Cabang sebagai distribution chanel, UTI sebagai penanggung jawab bidang komumkasi dan penelitian dan pengembangan, URK bagian Pengembangan Cabang (promosi usaha) yang bertanggung jawab terhadap promosi dan Wan agar memiliki komitmen yang sejalan dengan misi dan visi dari ATM Center ; mengarahkan agar komunikasi, penelitian dan pengembangan serta promosi dan Wan menjadi satu di bawah ATM Center. |