"Dakwah Islam Dalam Medium Televisi" Suatu Studi Komparatif antara Dakwah yang Disajikan di RCTI dengan Di TPI
H. Syamsu Purnomo;
Harsono Suwardi, examiner; Sasa Djuarsa Sendjaja, supervisor; Bachtiar Aly, examiner
([Publisher not identified]
, 1998)
|
ABSTRAK Dakwah Islam merupakan fenomena baru, yang makin marak dalam kurun waktulebih dari 4 tahun terakhir mi terutama dengan tumbuhnya stasiun televisi swasta.Sebagai negara dengan penduduk lebih dari 180 juta yang beragama Islam, acaradakwah di televisi mernperoleh perhatian yang cukup baik dari para pemirsa diIndonesia. Kenyataan mi membuat para pengelola stasiun televisi menyadani bahwadakwah Islam merupakan acara yang dibutuhkan Pemirsa.Semua stasiun televisi swasta menyajikan acara dakwah Islam setiap pagi,sebelum memulai acara-acara unggulannya pada hari itu sehingga Pemirsa mempunyairagam pilihan acara dakwah Islam.Adanya acara dakwah di televisi setiap hari memerlukan para pengisi acarasebagai Ulama ataU Narasumber, yang jumlahnya cukup banyak untuk kebutuhan limastasiun televisi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi pesan komunikasi dakwah yangdisampaikan di RCTI dan TPI, umumnya sangat sesuai dengan kerangká pemikiranatau teori-tebri komunikasi yang ada. Hal mi disebabkan karena paraUlama/Narasumber sudah terbiasa mengikuti metode, teknik dan sistematika yang adadalam Kitab Suci Al Qur'an dalam menyampaikan pesan-pesan agama.Namun demikian dalam dakwah yang dilakukan melalui media televisi,penggunaan teknik rekaman dan editing yang baik belum banyak digunakan sebagaisuatu produk acara televisi yang menarik.Bagaimanapun juga, acara dakwah di televisi merupakan upaya dari stasiuntelevisi untuk lebih mendekati pemirsanya secara spiritual.Sehingga upaya-upaya peningkatan mutu acara dakwah dalam hal materibahasan, teknik siaran, editing dan pemanfaatan teknologi televisi perlu terusdilakukan agar acara dakwah juga merupakan tontonan yang tetap disukai pemirsaPenggunaan Retorika dan Komunikasi oleh Ulama Narasumber merupakan suatukeharusan, karena dakwah bertujuan agar pesan-pesan agama dapat diresapi pemirsadan diharapkan untuk dapat diamalkan. Pesan-pesan agama tidak lepas dari aplikasistruktur pesan dan daya tank pesan, agar dakwah agama juga menarikbagi pemirsasebagai suatu tontonan yang menghibur. Sedangkan teknik argumentasi merupakansalah satu upaya untuk meyakinkan pemirsa, bahwa pesan agama yang disampaikanmemiliki landasan yang kuat dan layak di-imani. |
T5471-H. Syamsu Purnomo.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998 |
Program Studi : |
Bahasa : | Ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 116 pages : illustration ; 30 cm. + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-18-398602919 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471116 |