:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Stock index options sebagai alternatif instrumen finansial bagi investor di Bursa Efek Jakarta

Rita Rahaju Sugihardjo; Hikmah A.R; Satwiko Darmesto, supervisor (Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Stock Index options berguna untuk membantu investor saham pasif didalam mengikuti perkembangan/gejolak harga saham. Instrumen finansial ini dibuat berdasarkan transaksi yang terjadi setiap harinya dan kemudian melalui suatu perhitungan serta analisa akan menghasilkan index yang disebut index replika. Dari index mi diharapkan dapat diperoleh informasi mengenai saham-saham yang paling baik untuk diinvestasikan pada saat yang tepat, baik di dalarn transaksi pembelian maupun penjualan., guna memperoleh keputusan yang optimal.
Di dalam membuat stock index options ini, tidak ada dasar pemilihan yang bersifat baku, sehingga untuk menentukan index yang pergerakannya menyerupai IFISG digunakan 4 (empat) dasar pemilihan saham yaitu: saham yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar; saham yang aktif di dalam perdagangan; saham yang memiliki laba per lembar saham (Earning Per Share/EPS) terbesar ; dan saham yang dianggap cukup baik oleh penulis. Selanjutnya periode penyusunan index juga dibagi dalam 4 (empat) periode yaitu: 1 bulan; 3 bulan; 6 bulan; dan 1 tahun, dengan tujuan agar hasil yang diperoleh dari transaksi options dapat diperbandingkan dengan hasil dan deposito yang merupakan salah satu instrumen finansial lainnya.
Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa index dengan dasar pemilihan saham teraktif dan saham yang dianggap baik menurut pengamatan penulis, yang paling mendekati IHSG.
Di Indonesia stock index options mi direncanakan akan diperkenalkan pada tahun 1998. Guna memperoleh suksesnya rencana tersebut, perlu diperhatikan beberapa hat, seperti:
1. Membuat aturan yang jelas dan tegas, serta rambu-rambu hukum yang dapat melindungi kepentingan para investor.
2. Memberikan edukasi yang dapat menjelaskan bagaimana stock index options ini dapat digunakan sehingga dapat menyebar risiko, dan menghilangkan citra buruk di mata masyarakat bahwa options merupakan salah satu penyebab kelabilan pasar modal.
3. Melakukan publikasi yang didesain secara menarik dan komunikatif sehingga dapat menjelaskan proses perdagangan options.

 File Digital: 1

Shelf
 T7382-Rita Rahaju Sugihardjo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1995
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdaconten)
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 134 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-532599717 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471253