Keefektifan pendekatan konseling non-directive dan directive bagi mahasiswa program S1 Angkatan 1988/1999 di IKIP Malang
Marthen Pali;
Singgih D. Gunarsa, supervisor; Bonang, Engelina, supervisor
([Publisher not identified]
, 1990)
|
ABSTRAK Pelayanan bimbingan dan konseling di perguruan tinggidipandang sebagai salahsatu upaya dalam rangka pengembanganpendidikari tinggi di Indonesia (Depdikbud, 1983). Peiayanankonseling nierupakan salahsatu bentuk kegiatan bimbingan dankonseling (Mortensen dan Schmuller, 1976; Blum dan Balinsky,1971).Penelitian tentang biinbingan dan konseling di perguruantinggi di Indonesia telah banyak dilakukan. Mengenaipenelitian tentang keefektifan pendekatan konseling,khususnya yang berhubungan dengan prestasi belajar selamami belum banyak dilakukan. Penelitian ini mencoba untukmeneliti keefektifan pelayanan konseling khususnya terhadapdua pendekatan yaitu pendekatan konseling non-directive dan pendekatan konseling directive.Rancangafl penelitian menggunakan Randomized ControlGroup Pretest-Posttest Design. Tiga puluh mahasiswa memperoleh pelayanan konseling dengan pendekatan nondirective, 30 mahasiswa memperoleh pelayanan konselingdengan pendekatan directive dan 30 mahasiswa sebagaikelompok kontrol tidak mendapat pelayanan konseling.Populasi penelitian ialah mahasiswa program Si IKIPMalang semester genap i988/1989 yang IPK-nya kurang dari 2,0dan tingkat kemampuannya diatas rata-rata. Sampel ditentukandengan cara randomisasiiAda tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian mi.Pertama Peningkatan prestasi belajar mahasiswa yangmendapat pelayanan konseling dengan pendekatan non-directivelebih tinggi daripada peningkatan prestasi belajar mahasiswayang tidak mendapat pelayanan konseling. Kedua : Peningkatanprestasi belajar mahasiswa yang mendapat pelayanan konselingdengan pendekatan directive lebih tinggi daripadapeningkatan prestasi belajar mahasiswa yang tidak mendapatpelayanan konseling. Ketiga : Peningkatan prestasi belajarmahasiswa yang mendapat pelayanan konseling denganpendekatan directive lebih tinggi daripada peningkatanprestasi belajar mahasiswa yang mendapat pelayanan konselingdengan pendekatan non-directive.Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitupenelitian dokumen untuk mengetahui prestasi belajar (IPK)dan tes Progressive Matrices untuk mengungkapkan tingkatkemampuan mahasiswa subyek.Hasil pengujian hipotesis dengan analisis variansmenunjukkan : a). pendekatan non-directive dapatmeningkatkan prestasi mahasiswa , b). pendekatan directivedapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, c). tidakterdapat perbedaan yang signifikan antara pendekatan nondirective dan pendekatan directive dalam hubungannya denganpeningkatan prestasi belajar mahasiswa.Penelitian mi mengetengahkan sejumlah saran untukpelaksanaan pelayanan konseling di perguruan tinggi danpenelitian tentang pendekatan konseling bagi peneliti yangberminat. Pertama, perlunya peningkatan pengetahuan tentangteknik dan teori konseling yang memadai bagi konselor diperguruan tinggi. Kedua, peningkatan status kelembagaanbimbingan dan konseling di perguruan tinggi yang ditunjangoleh adanya sarana dan prasarana yang memadai. Ketiga,peningkatan pengelolaan pelayanan bimbingan dan konseling diperguruan tinggi dengan memperhatikan mekanisnie pelayananakademik dan kualifikasi pertugas bimbingan. Keempat,mengadakan penelitian tentang pendekatan konseling dengansampel yang lebih luas dan hubungannya dengan variabelvariabel penting lainnya. |
T38015-Marthen Pali.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 156 pages : 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-18-195273008 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471647 |