:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Rancang bangun mission system pada unmanned surface vehicle (usv) = Detail engineering design for mission system at unmanned surface vehicle (usv)

oleh Nazarudin (Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pertahanan RI , 2017)

 Abstrak

Untuk menjaga kedaulatan NKRI dari gangguan keamanan di laut ataupun klaim sepihak atas pulau terluar maka dibutuhkan sarana pengamanan yang memadai. Suatu kapal patroli cepat tanpa awak atau US V (Unmanned Surface Vehicle) dapat menjadi solusi. US V dapat dipersenjatai dengan rudal, senapan mesin, ataupun torpedo. US V bergerak secara autonomous dengan menggunakan sistem navigasi yang menerapkan algoritma waypoint dan dengan menggunakan remote control. Permasalahan pada penelitian ini dibatasi pada mission system USV yang dibangun.
Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mendapatkan rancang bangun mission system USV Hasil yang dzperoleh berupa kebutuhan komponen-komponen yang akan dipasangkan pada wahana US V sesuai dengan misi yang akan diembannya. Dalam penelitian ini, terdapat sepuluh perangkat elektronik utama yang digunakan, yaitu Inertial Reference System dan Global Positioning System (IRS/GPS), Electro Optical/Infra Red (EO/IR), Radar, Automatic Identifcation System (AIS), Alission Computer; Video Acquisition, Ethernet Data Bus, Wzreless Digital Data Link, Sonar, dan Power Supply.

 Metadata

No. Panggil : 355 JIPHAN 3:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pertahanan RI , 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 24425346
Majalah/Jurnal : Jurnal Inovasi Pertahanan
Volume : Vol. 3, No. 2, Desember 2017: Hal. 85-94
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
355 JIPHAN 3:2 (2017) 03-18-733652441 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471748