:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Keanekaragaman kupu-kupu di wilayah pemukiman Desa Pangandaran Ciamis Jawa Barat = The butterflies diversity in settlement region of the Pangandaran village Ciamis, Jawa Barat

Nurullia Fitriani, Ani Royani, Gilang M. Nur Iqbal, Yumma T. Rahmania (Unisba Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), 2017)

 Abstrak

Kupu-kupu merupakan serangga dari ordo lepidoptera yang paling banyak dikenal melalui bentuk dan warna sayapnya. Kupu-kupu banyak ditemukan di berbagai ekosistem termasuk pemukiman di Desa Pangandaran yang letaknya berbatasan dengan Cagar Alam Pangandaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman kupu-kupu di wilayah pemukiman Pangandaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survey dengan melakukan penjelajahan di seluruh wilayah pemukiman. Pengamatan dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 selama seminggu. Kupu-kupu yang ditemukan ditangkap dengan menggunakan insect net dan diawetkan untuk kepentingan identifikasi. Pada penelitian ini juga dilakukan pengukuran parameter lingkungan berupa suhu, kelembaban, intensitas cahaya dan kecepatan angin serta pencatatan jenis tumbuhan di sekitar lokasi penelitian. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui terdapat 7 species kupu-kupu dari family nympalidae, 4 species dari family papilonidae dan 9 species dari family pieridae.

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : AJ-Pdf
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Bandung: Unisba Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 2502065X
Majalah/Jurnal : Ethos Jurnal penelitian dan Pengabdian
Volume : Vol.5, No.1, Januari 2017: hal.48-54
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
AJ-Pdf 03-18-241474867 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20471953