:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan perbaikan changeover time dan minor stop dengan menggunakan dmaic: studi kasus: pada mesin power mat di industri pengolahan kayu = Improvement design of changeover time and minor stop by using dmaic: case study: on power mat machine in wood processing industry

Rayhan Sri Bayu Nandakusuma; Inaki Maulida Hakim, supervisor; Boy Nurtjahyo Moch., examiner; Amalia Suzianti, examiner; Annisa Marlin Masbar Rus, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Studi penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan rancangan perbaikan terhadap proses kerja Changeover dan kejadian Minor Stop pada mesin Power Mat 1 dan 2. Penelitian ini berfokus pada rendahnya nilai overall equipment efectiveness OEE kedua mesin yang menjadi objek penelitian pada perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan kayu. Dalam penyelesaian masalah, penelitian ini menggunakan framework DMAIC Define, Measure, Analyze, Improve, Control untuk mendapatkan solusi yang berdampak perbaikan bagi masalahan yang telah dirumuskan. Perbaikan yang dilakukan akan memberikan dampak terhadap peningkatan nilai availablility dan performance rate yang merupakan 2 dari 3 unsur perhitungan dalam OEE. Usulan rancangan perbaikan ini menyelesaikan akar permasalahan yang didapatkan melalui fishbone diagram. Dalam penyelesaian masalah Changeover, penelitian ini menggunakan metode Single Minute Exchange of Dies SMED. Sedangkan untuk menyelesaikan permasalahan Minor Stop, pada penelitian ini menggunakan pendekatan TPM. Hasil penelitian ini adalah peningkatan OEE mesin Power Mat 1 sebesar 20,1 ke angka 75 dan mesin Power Mat 2 sebesar 18,7 ke angka 72,7.

ABSTRACT
This research study aims to give suggestion of improvement plan of Changeover work process and Minor Stop event. This research focuses on the low value of the overall equipment effectiveness OEE of two machines that become the object of research on a wood processing company. In solving the problem, this research uses DMAIC framework Define, Measure, Analyze, Improve, Control to get solution that has an improvement for the problem that has been formulated. The constructed improvements will have an impact on the increasing availablility and performance rate values which both are the elements of calculation in OEE. This proposed improvement plan solves the root of the problems obtained through the fishbone diagram. In solving the Changeover problem, this research uses Single Minute Exchange of Dies SMED method. Meanwhile, to solve Minor Stop problems, this research uses TPM approach. The result of this research is improvement of OEE Power Mat machine 1 by 20,1 to 75 and Power Mat 2 machine equal to 18,7 to 72,7.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf-Rayhan Sri Bayu Nandakusuma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 103 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 145-20-403420042 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20472429