:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Corrugated cardboard sebagai bahan baku furnitur pada ruang komersil: studi kasus: furnitur Kafe Taman Kardus, Bandung = Corrugated cardboard as furniture material in commercial space: case study: Taman Kardus Cafe furniture, Bandung

Melina Ayu Widyasari; Nevine Rafa Kusuma, supervisor; Enira Arvanda, examiner; Widyarko, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRACT
Furnitur pada ruang komersil umumnya menggunakan material kayu, plastik, atau metal sebagai bahan bakunya karena material tersebut versatile dalam desain furnitur. Seluruh material tersebut dengan karakteristiknya masing-masing telah terbukti kekuatannya, dapat dimodifikasi dengan mudah dan tahan untuk pemakaian indoor maupun outdoor pada ruang komersil untuk berbagai jenis aktivitas dan intensitas pemakaian yang tinggi. Di sisi lain, material corrugated cardboard merupakan material yang biasanya hanya digunakan untuk pengemasan produk. Material tersebut memiliki struktur yang membuatnya memiliki kemampuan bantalan untuk menahan beban, yakni lapisan medium bergelombang atau flute yang didukung dengan lapisan liner pada masing-masing sisinya. Corrugated cardboard merupakan jenis kertas, dan terdapat familiaritas bahwa material ini adalah material yang murah dan lemah, terutama karena sifatnya yang tidak tahan air, ringan, dan mudah mengalami deformasi. Dengan struktur material dan karakteristiknya tersebut, maka perlakuan material, performa dan durabilitas corrugated cardboard sebagai furnitur akan berbeda dibandingkan material lain yang umum digunakan pada furnitur di ruang komersil. Perlakuan material corrugated cardboard yang digunakan sebagai struktur dan tektonik furnitur, akan menciptakan fungsi dan estetika visual pada desain furnitur.

ABSTRACT
Commercial furnitures generally use wood, plastic, or metal materials as their materials because they are versatile for furniture design. All these materials with their respective characteristics have proven their strength, can be easily modified and resistant for indoor or outdoor use in commercial space for various types of activity and high intensity of use. On the other hand, corrugated cardboard is a material that usually used only for packaging of products. The material has a structure that has the cushioning ability to withstand loads, which is a layer of corrugated medium or flute supported by a layer of liner on each side. Corrugated cardboard is a type of paper, and there is the familiarity that this material is a cheap and weak material, mainly because it is not waterproof, lightweight, and easy to deform. With the material structure and its characteristics, then the material treatment, performance and durability of corrugated cardboard as furniture will be different than other materials commonly used for furniture in commercial space. The corrugated cardboard material treatment used as the structure and tectonic of furniture, will create the function and visual aesthetics of the furniture design.

 File Digital: 1

Shelf
 Melina Ayu Widyasari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 69 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-137070909 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20472939