:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Evaluasi jarak deteksi dan jarak membaca rambu di persimpangan tidak bersinyal = Evaluation of sign detection distance and reading distance at intersection without traffic lights

Mohamad Ihsan Priambodo; Siregar, Martha Leni, supervisor; Tangkudung, Ellen Sophie Wulan, examiner; R. Jachrizal Sumabrata, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Dalam mendesain rambu, perancang harus menempatkan rambu agar terbaca pada jarak membaca maksimum dan juga jarak deteksi yang lebih atau sama dengan jarak membaca maksimum. Hal tersebut menjadi penjadi penting agar pengemudi dapat mengenali dan mambaca rambu pada waktu yang paling lama. Jurnal ini mengevaluasi beberapa faktor seperti kecepatan dan waktu tempuh kendaraan yang mempengaruhi jarak deteksi rambu dan jarak membaca rambu. Selain itu kedua jarak tersebut juga dibandingkan dengan jarak membaca desain. Eksperimen dilakukan pada malam hari dengan 35 responden yang memiliki surat izin mengemudi yang valid untuk mendeteksi dan membaca 6 rambu pendahulu petunjuk jurusan di persimpangan tidak bersinyal. Evaluasi rambu akan dilakukan berdasarkan jarak pandang henti, penempatan rambu, serta jarak deteksi dan membaca rambu. Dari penelitian pada jalan yang ditinjau hanya 1 dari 6 rambu yang memenuhi persyaratan sehingga dapat dianggap aman.

A traffic sign needs to be located at a distance that allows drivers to read and understand the message prior to their decision in maneuvering. The study is aimed at finding factors that determine the drivers reading distance and detection distance at intersections without traffic lights. A number of 35 participants with valid driver rsquo s license were asked to detect and read 6 advance guide signs using at intersection without traffic lights. Factors that potentially determine signs readability and visibility such as speed, travelling time, deceleration, and acceleration of vehicles which affect signs detection distance and reading distance are analyzed using multivariate regression. The experiment was conducted during night time to present heavier driving and sign reading environment. The positions of the signs are evaluated based on the stopping sight distances, actual sign positions and the detection and reading distances. Based on this study, only one out of six signs that can be considered good sign safe.

 File Digital: 1

Shelf
 S-pdf-Mohamad Ihsan Priambodo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xix, 81 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-786024441 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20473258