Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegunaan konsepsi yang berada di dalam Integrated Reporting, yaitu six capitals, content elements, dan guiding principles guna pengambilan keputusan investasi dengan menggunakan keyakinan publik public confidence sebagai faktor determinan dan pemoderasi. Penelitian ini menggunakan mixed-method dengan menyatukan data kuantitatif dan data kualitatif pada saat mengumpulkan dan menganalisis data. Pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka dengan jumlah responden sebesar 119, dan wawancara semi-terstruktur dengan 5 responden. Data kuantitatif dianalisis menggunakan metode Partial Least Square dalam hubungan antar variabel dan uji Pearson Chi-squared guna mengetahui perbedaan persepsi antar kelompok demografis investor. Sementara data kualitatif dianalisis dengan menggunakan metode content, constant comparative, dan thematic analyses. Penelitian ini menemukan bahwa peningkatan keyakinan publik secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi. Sementara, ketiga konsepsi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi. Berdasarkan hasil diskusi, hal ini disebabkan pemahaman yang masih rendah di kalangan investor Indonesia, dan penurunan keyakinan publik di Indonesia selama empat tahun terakhir. Namun, penelitian ini menemukan bahwa setiap konsepsi memiliki nilai kegunaan masing-masing terhadap pengambilan keputusan investasi. This study aims to determine the usefulness of conceptions within Integrated Reporting , which are six capitals, content elements, and guiding principles, for investment decision making with public confidence as determinant factor. This research uses mixed methods, by combining quantitative data and qualitative data at data collection and data analysis stage. Data was collected using an open ended questionnaire with 119 respondents, and semi structured interview with 5 respondents. Quantitative data was analyzed using Partial Least Square method to identify the relation between variables and using Cross Tabs to identify if there is any difference of perception among investor demographic group. Qualitative data was analyzed using content analysis, constant comparative, and thematic analysis method. This study found the increasing level of public confidence has a positive and significant impact on investment decision making directly. Meanwhile, the three conceptions of have no significant effect on investment decision making. Based on result and discussion, this is due to the low understanding of among Indonesian investors, and the declining level of public confidence in Indonesia over the last four years. |