Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdacontent)
Tipe Media : computer (rdamedia)
Tipe Carrier : online resource (rdacarrier)
Deskripsi Fisik : xiv, 162 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-076569773 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474272
 Abstrak
UMKM memiliki potensi yang sangat besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Peran UMKM di Indonesia dapat membantu menciptakan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran, sehingga diyakini UMKM mampu mewujudkan pemerataan kesempatan berusaha dan pemerataan pendapatan. Bertumbuhnya wirausaha berasal dari perspektif kognitif yang berguna memahami proses dalam mengidentifikasi peluang dan menggunakan informasi untuk mengembangkan usaha, dan juga wirausahawan yang optimis yakin dapat mencapai hasil yang sukses. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasa optimisme yang dimiliki seorang pelaku UMKM terhadap persistensinya dalam menjalani usahanya dengan cognitive style cognitive knowing style, cognitive planning style, dan cognitive creating style sebagai variabel moderasi. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang berada di Kota Depok. Metode pengolahan data yang digunakan adalah regresi linear berjenjang hierarchical linear regression. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimisme secara positif berpengaruh terhadap persistensi, dan cognitive style tidak memperkuat hubungan positif antara optimisme dan persistensi. ......SMEs have huge potential in promoting national economic growth. The role of SMEs in Indonesia can help create jobs and reduce the unemployment rate, so it is believed that SMEs able to realize the equalization of business opportunity and income distribution. The growth of entrepreneurship comes from cognitive perspective that is useful in understanding the process of identifying opportunities and using information to develop a business, as well as an optimistic entrepreneur sure to achieve successful results. This study aims to analyze the effect of entrepreneurs rsquo optimism on persistence with cognitive style cognitive knowing style, cognitive planning style and cognitive creating style as moderating variables. Respondents in this study are the owner of SMEs in Depok. Hierarchical linear regression is used as data processing method. The results of this study indicate that optimism positively affects persistence, and cognitive style do not reinforce the positive relationship between optimism and persistence.