:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis tata letak gudang peralatan proyek menggunakan metode shared storage: studi kasus PT PPS = Analysis of project equipment warehouse layout using shared storage method: case study PT PPS

Antamasata Hikmatiar; Ratih Dyah Kusumastuti, supervisor; Harahap, Akhir Matua, examiner; Juliana Rouli, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Gudang memegang peranan penting dalam proses distribusi barang, terutama dalam mengantisipasi perubahan permintaan. PT PPS selaku perusahaan yang bergerak dalam sektor minyak dan gas tidak bisa lepas dari kegiatan penyimpanan barang di dalam sebuah gudang, karena PT PPS membutuhkan suatu ruangan untuk menyimpan barang, baik barang yang baru dibeli, barang persediaan, dan juga barang pengembalian sisa proyek. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem pergudangan yang saat ini diterapkan oleh PT PPS, mengidentifikasi alternatif perbaikan yang dapat dilakukan, dan juga membandingkan biaya yang timbul dari perbaikan penempatan barang dan tata letak gudang. Data tentang sistem pengelolan gudang saat ini diperoleh dari wawancara mendalam dan observasi. Sedangkan Metode Shared Storage digunakan dalam penentuan penempatan barang di gudang. Dengan menggunakan metode tersebut, maka biaya operasional pada gudang PT PPS dapat berkurang sebesar 13,83 dari biaya awal. Usulan perbaikan lainnya adalah dengan memisahkan area loading dan unloading pada gudang.

Warehouse plays an important role in the distribution od goods, especially in anticipation of changes in demand and supply. PT PPS is a company operating in the oil and gas sector, and holds its goods, either newly purchased goods, inventory, and also product return from its projects in the company rsquo s warehouse. In order to have a fast movement of goods in and out of the warehouse, the company need a good layout. The purpose of this study is to evaluate the warehousing systems currently applied by PT PPS, identify alternative improvements that can be made, and also to compare the cost between the improved and current warehouse layout. Data of concerning the current warehouse system is obtained via in depth interviews and observations, while Shared Storage Methods is used as a method to determine the placement goods within the warehouse. Using this method, the operational cost in the warehouse can be reduced by 13,83 from current layout. The results also show that further improvement can be made by separating the loading and unloading areas in the warehouse.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf-Antamasata Hikmatiar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 86 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-432057396 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474474