:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh kepatuhan pada prinsip syariah terhadap praktik manajemen laba: studi di Indonesia = The effect of sharia principles compliance on earnings management practice empirical: study in Indonesia

Fahmy Fil Ardhy Nurwantara; Wasilah, supervisor; Evony Silvino Violita, examiner; Nurul Husnah, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepatuhan prinsip syariah terhadap praktik manajemen laba yang diukur menggunakan kualitas akrual. Total observasi penelitian ini adalah 845 firm-years pada tahun 2011-2015. Kualitas akrual dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan model Dechow dan Dichev 2002. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan pada prinsip syariah, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas akrual. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan yang patuh pada syariah menerapkan praktik manajemen laba yang rendah. Lebih lanjut, hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Ismail et al. 2015 dimana perusahaan di Malaysia yang patuh pada prinsip syariah memiliki kualitas akrual yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Artinya perusahaan yang patuh pada prinsip syariah menerapkan praktik manajemen laba yang rendah.

The purpose of this research is to analyze the effect of shariah principles compliance to earnings management practice which is measured using accrual quality. The total observation of this study is 845 firm years in 2011 2015. Accrual quality in this study is measured using Dechow and Dichev 2002 model. The results showed that shariah principles compliance companies has a positive and significant impact on the accrual quality. This shows that shariah compliance companies apply low earnings management practices. Furthermore, the results of this study are consistent with the research conducted by Ismail et al. 2015 where companies in Malaysia which include as sharia compliance companies have a higher accrual quality than those who do not. This result shows that companies which include as sharia comliance companies apply low earning management practice.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf-Fahmy Fil Ardhy Nurwantara.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 60 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-773782987 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474480