Analisis faktor yang mempengaruhi intensi kunjungan ulang pada green hotel: studi pada Hotel Borobudur Indonesia = Factor analysis affecting the intensity of repeating visit at green hotel: study in Borobudur Indonesia Hotel
Soeryo Soemirat;
Nissa Ghulma Ratnasari, supervisor; Sri Daryanti, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)
|
Dalam pembahasan mengenai bisnis perhotelan, terdapat jenis hotel yang disebut sebagai green hotel. Green hotel merujuk pada hotel yang dalam pengelolaan dan karakter bangunannya mengadaptasi konsep yang ramah lingkungan dan konservasi sumber daya energi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan secara posotif berpengaruh terhadap niat konsumen dalam melakukan kunjungan ulang di green hotel ini. Penelitian juga meneliti apakah pengetahuan mengenai green hotel dapat menjadi variabel moderasi pada pengaruh ketiga variabel tersebut sikap, norma subjuktif dan kontrol perilaku terhadap niat kunjungan ulang di green hotel tersebut. Desain penelitian ini adalah konlusif deskriptif dan metode pengumpulan datanya dengan survey menggunakan5 kuesioner. Metode sampling yang digunakan adalah judgemental sampling dengan kriteria bahwa reponden pernah menginap di green hotel serta mengetahui dan memahami konsep green hotel. Kuesioner dibagikan pada pengunjung Hotel Borobudur Indonesia sebanyak 100 orang. Kemudian, data dianalisis dengan metode regresi liner berganda multiple regression dan menggunakan software SPSS6 terbukti berpengaruh positif terhadap intensi kunjungan ulang di green hotel. Sementara itu, penelitian menemukan bahwa variabel pengetahuan tidak berhasil menjadi variabel moderasi pada pengaruh sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku pada niat kunjungan ulang di green hotel. In the discussion of the hospitality business, there is a type of hotel called a green hotel. Green hotels refer to hotels that in their management and building character adapt concepts that are environmentally friendly and conservation of energy resources. This study aims to examine whether attitudes, subjective norms, behavioral controls that are perceived positively influence the intention of consumers to make a repeat visit on the green of this hotel. Research also examines whether knowledge of green hotels can be a moderating variable on the influence of these three variables attitudes, subjective norms and behavioral control on the intention of revisiting the green hotel. The design of this research is a descriptive and descriptive method of data collection with survey using 5 questionnaires. The sampling method used is judgmental sampling with the criteria that respondents have stayed at the green hotel and know and understand the concept of green hotel. Questionnaires were distributed to visitors of Hotel Borobudur Indonesia as many as 100 people. Then, the data were analyzed by multiple regression method and using SPSS6 software proved to have a positive effect on the intention of a repeat visit at the green hotel. Meanwhile, the study found that knowledge variables did not succeed in being a moderating variable on the influence of attitudes, subjective norms and behavioral control on the intention of a repeat visit at the green hotel. |
S-Pdf-Soeryo Soemirat.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 85 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-Pdf | 14-21-353619744 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474605 |