:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Representasi Nias dalam Nias: Penyelamat berkalung matahari karya Ghyna Amanda Putri sebuah kajian ekokritik = Representation of Nias in Nias: Penyelamat berkalung matahari by Ghyna Amanda Putri an ecocritical study

Annisa Luthfia Nursyahidah; Tommy Christomy, supervisor; Rasyid Sartuni, examiner; Felicia Nuradi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Hubungan manusia dan lingkungan adalah hubungan yang sangat kompleks. Sebagian manusia dapat hidup harmonis dengan alam, tetapi sebagian sangat manipulatif dan eksploitatif. Dalam dunia sastra, mulai banyak novel dalam sastra Indonesia modern yang mengangkat tema alam dan lingkungan. Riset ini menggunakan sumber data novel Nias: Penyelamat Berkalung Matahari oleh Ghyna Amanda Putri yang diterbitkan tahun 2014 dengan menggunakan perspektif ekokritik. Riset ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana teks sastra memosisikan alam dalam kaitannya dengan kehidupan manusia. Sehubungan dengan hal itu representasi Pulau Nias dibahas berdasarkan perspektif dwelling rsquo; yang disarankan oleh Garrad 2004. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah hubungan manusia yang telah mengetahui peran penting alam, tetapi masih belum banyak yang berkontribusi nyata pada pelestarian alam. Selain itu dwelling rsquo; Nias rentan pada pemosisian idealistik dan perspektif orang luar Nias yang memosisikan Pulau Nias sebagai tempat ideal untuk melarikan diri dari permasalahan yang terjadi di perkotaan.

Human relations and the environment are a highly complex relationship. Some humans can live in harmony with nature, but some are very manipulative and exploitative. In the literary works, there have been many novels in modern Indonesia literary work that raise the theme of nature and environment. This research uses the novel Nias Penyelamat Berkalung Matahari by Ghyna Amanda Putri published in 2014 as data source using an ecocritical perspective. This research aims to explain how literary texts position nature in relation to human life. Therefore, the representation of Nias Island is discussed based on the lsquo dwelling rsquo perspective suggested by Garrad 2004. The result of this research is the nature relationship that has an important role to human, but they have not contributed significantly to the conservation of nature. Beside that, dwelling rsquo the Nias island is vulnerable to idealistic from problems that occur in urban areas.

 File Digital: 1

Shelf
 S-pdf-Annisa Luthfia Nursyahidah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 72 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-735436364 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20474956