:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Tema penciptaan dunia dalam cerpen Wa K nat al-duny karya Taufiq Al-Hakim = Theme of the creation of the world in Wa K nat al-duny by Taufiq Al-Hakim

Desi Isnaeni Nurhanifah; Fauzan Muslim, supervisor; Maman Lesmana, examiner; Muhammad Luthfi, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini membahas cerpen ايندلا تناكو Wa K nat al-Duny Dan Jadilah Dunia karya Taufiq al-Hakim 1898-1907 sastrawan Arab Modern Mesir. Cerpen ini menarik untuk diteliti karena mengisahkan peristiwa yang unik, yaitu kisah Iblis yang berkerjasama dengan Ular dalam menciptakan Hawa untuk menunjukkan diri bahwa Iblis lebih baik dari Adam, sekaligus agar Adam dan Hawa menghasilkan keturunan. Kisah ini memiliki kemiripan dengan kisah penciptaan Adam dalam kitab suci Islam Alquran dan kitab suci Kristen Alkitab. Unsur-unsur cerpen terjalin dengan baik sehingga menarik untuk dibaca dan berhasil menyampaikan pesan kepada pembaca. Pesan yang dapat ditemukan dari cerpen ini adalah bahwa manusia sebagai keturunan Adam dan Hawa memiliki sifat baik yang bersumber dari Tuhan dan sifat buruk yang yang bersumber dari Iblis, sehingga pada akhirnya tidak ada manusia yang sempurna karena memiliki sifat baik dan buruk. Keturunan Adam dan Hawa yang memiliki beragam sifat tersebutlah yang dimaknai sebagai tema penciptaan dunia dalam cerpen ini, yaitu bahwa dunia digambarkan sebagai eksistensi manusia di dunia yang memiliki beragam sifat dan perilaku.

ABSTRACT
This study discusses the short story ايندلا تناكو Wa K nat al Duny And Be The World by Taufiq al Hakim 1898 1907 Modern Arabian literary Egyptian. This short story is interesting to examine because it tells of a unique event, the story of Satan who collaborated with the Serpent in creating Eve to show himself that Satan is better than Adam, at the same time that Adam and Eve produce offspring. This story is similar to the story of Adam 39 s creation in the holy book of Islam Qur 39 an and the Christian scriptures the Bible. The elements of the short story well established so interesting to read and successfully convey the message to the reader. The message that can be found from this short story is that humans as the descendants of Adam and Eve have good qualities derived from God and bad traits that are sourced from Satan, so that in the end no human is perfect because it has good and bad character. The descendants of Adam and Eve who have various characteristics that is interpreted as the theme of the creation of the world in this short story, namely that the world is described as the existence of human beings in a world that has a variety of traits and behaviors.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Desi Isnaeni Nurhanifah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 70 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-188336440 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475187