:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Amerika, Jepang, dan Rusia dalam novel Year of impossible goodbyes karya penulis Korea-Amerika Sook Nyul Choi = America, Japan, and Russia in the novel Year of impossible goodbyes by Korean-American writer Sook Nyul Choi

Vashti Valeska; Eva Latifah, supervisor; Rostineu, examiner; Zaini, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRACT
Penelitian ini mengkaji karya sastra seorang pengarang Korea-Amerika generasi 1.5 yang mengangkat cerita sejarah Korea pada tahun 1945. Namun, dalam karya sastra tersebut dapat terlihat citra negara asing yang terkait dengan sejarah Korea. Negara-negara tersebut adalah Amerika, Jepang dan Rusia. Penulis berpendapat bahwa citra negara-negara tersebut dalam novel dipengaruhi oleh latar belakang penulis yang merupakan seorang diaspora Korea di Amerika. Korpus utama yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah novel Year of Impossible Goodbyes karya Sook Nyul Choi. Melalui penelitian ini dapat diketahui bagaimana sejarah kemerdekaan Korea dideskripsikan dan bagaimana perubahan sikap terhadap Amerika, Jepang dan Rusia dituangkan dalam novel tersebut. Penelitian ini berfokus pada bagaimana tiga negara tersebut digambarkan oleh pengarang novel. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Amerika sebagai host country telah memengaruhi cara pandang Sook Nyul Choi terhadap Amerika yang juga berpengaruh dalam caranya memandang Jepang dan Rusia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pemaknaan terhadap sejarah Korea oleh penulis diaspora Korea di Amerika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode close reading. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang pengarang yang merupakan diaspora Korea di Amerika memunculkan sikap pro-Amerika di dalam karyanya. Hal tersebut juga memengaruhi pengarang dalam memandang negara lain seperti Jepang dan Rusia.

ABSTRACT
This study examines the literary work of a 1.5 generation Korean American author who raised the story of Korean history in 1945. However, in the literary work can be seen the image of foreign countries associated with Korean history. These countries are America, Japan and Russia. The authors argue that the image of these countries in the novel is influenced by the background of the writer who is a Korean diaspora in America. The main corpus that used in this research is a novel titled Year of Impossible Goodbyes by Sook Nyul Choi. Through this research can be seen how the history of Korean independence is described and how the change of attitude toward America, Japan and Russia poured in the novel. This study focuses on how the three countries are described by novel authors. This study aims to prove that America as a host country has influenced Sook Nyul Choi 39 s view of America which is also influential in the way it sees Japan and Russia. In addition, this study also aims to analyze the meaning of Korean history by Korean diaspora writers in America. The method used in this research is Close Reading. The results of this study indicate that the background of the writer who is a Korean diaspora in America raises a pro American attitude in her work. It also influenced the author view of other countries such as Japan and Russia.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Vashti Valeska.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 63 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-967057110 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475192