:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gerakan republikanisme di Australia 1963-1999 = Australian republikanism movement in 1963-1999

Nur Saban Alif Abyan; Toebagus Lutfi, supervisor; Kasijanto Sastrodinomo, examiner; Siswantari, examiner; Raisye Soleh Haghia, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai pergerakan republikanisme yang telah lama ada di Australia sejak tahun 1960an ketika mulai kembali bangkitnya republikanisme hingga referendum 1999. Pada tahun 1963 Geoffrey Dutton menerbitkan sebuah artikel yang membawa semangat republikanisme, ia menghimbau Australia untuk menghilangkan British Subject dalam sumpah kewarganegaraan Australia serta mengajak untuk berdirinya Republik Australia. Hampir satu tahun berselang Donald Horne menerbitkan buku The Lucky Country yang mengkritik nilai konservatisme serta kemandegan yang ada di pemerintahan Australia , seharusnya pemerintah bisa beradaptasi dengan perubahan zaman dan menghilangkan cara lama yang sudah ada sejak zaman kolonial. Selanjutnya adalah Les Murray seorang penyair yang membawa nilai republikanisme khas Australia yaitu membawa suasana ala pedesaan dan melibatkan masyarakat pedesaan dan suku Aborigin yang kadang dilupakan oleh masyarakat kulit putih Australia. Hingga pada akhirnya di tahun 1988 Perdana Menteri Keating mencoba untuk membawa Australia ke bentuk republik di awal millenium nanti melalui referendum walaupun pada akhirnya gagal.

ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses about republican movement which already exist since the re emergence of republicanism in 1960s in Australia until public referendum in 1999. In 1963 Geoffrey Dutton publish an article which contains spirit of republicanism, he appealed to Australian government to remove British Subject in Oath to become Australian citizen. Almost one year later Donald Horne publish The Lucky Country, a critic social book which critic the existing conservatism value in Australian government. Les Murray who are an acclaimed poet brings a new flavour to Australian republicanism, that is bringing a bush like republikanism and involving rural people and aboriginal culture which are forgotten by the white society in Australia. Republicanism moves to the serious stage when in 1988, Prime Minister Keating promised to bring Australia to a Republic in the new millenium which was gained by holding a referendum, however the referendum failed to pass.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Nur Saban Alif Abyan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 79 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-768768545 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475318