ABSTRAK OneSearch merupakan alat penemuan informasi terkini di Indonesia yang dikembangkan atas tuntutan pelayanan informasi yang cepat, dinamis, dan mengikuti perkembangan teknologi informasi. Sayangnya belum ada penelitian empiris yang mengkaji bagaimana pemanfaatan OneSearch dari sisi pengguna. Kajian ini menganalisis data log transaksi server Indonesia OneSearch berjumlah 256.953 rekaman klik yang diuraikan, dikodekan dan dianalisis pola pergerakan dan pola kueri pengguna. Hasilnya, mayoritas pengguna sangat bergantung dengan pencarian sederhana dan fitur suggestion records, serta rendahnya penggunaan pencarian tingkat lanjut dan laman perpustakaan pribadi. Temuan lainnya menunjukan bahwa sebagian besar kueri merupakan kueri sederhana dan rendahnya penggunaan berbagai operator pencarian yang disediakan. Penelitian ini mengusulkan agar pada waktu mendatang, OneSearch fokus meningkatkan model algoritma relevansi hasil pencarian sederhana, mengembangkan fitur rekomendasi agregasi pada laman perpustakaan pribadi, dan peningkatan formulasi kueri interaktif untuk mengurangi kegagalan pencarian. ABSTRACT AbstractIndonesia OneSearch is a current digital portal that operates under the National Library of Indonesia to fulfill many demands for a more rapidly dynamic and up to date information searching services on a nationwide scale as it indexes the metadata of resources spread throughout its partner organizations. However, there has not been one empirical research that analyzes the actual data coming from the users on their usage. The 256,953 clickstreams logs are being cleaned, parsed, coded, then analyzed using integrated clickstream data analysis framework. Consequently, it is found that the majority of users depend on a single box search and suggestion records feature, while only a small part user utilize the advanced search and personal library page. Another finding includes that most of the queries categorized as a simple query, and the use of search operators is still low. This study proposes that in the forthcoming years, OneSearch must optimize the search algorithms, adding an information recommendation feature on user rsquo s personal library page, devise a help search page to assist users as a part of information literacy, and make an improvement on faceted search features as well as interactive query formulations to reduce any search failures. |