Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi pada perpustakaan Universitas Indonesia = Social media utilization as a promotion tool at University of Indonesia Library
Dinda Ayunindia Putri;
Yeni Budi Rachman, supervisor; Margareta Aulia Rachman, examiner; Ratih Surtikanti, examiner; Muhamad Prabu Wibowo, examiner
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018)
|
Perpustakaan sebagai organisasi nonprofit perlu memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media sosial yang dilakukan di Perpustakaan Universitas Indonesia sebagai sarana promosi. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pemanfaatan media sosial Twitter dan Instagram Perpustakaan Universitas Indonesia, yang dilihat dari Nduka 2015 dan Garofalo 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Informan penelitian ini adalah mereka yang terlibat secara langsung dengan sarana promosi melalui media sosial di Perpustakaan Universitas Indonesia yang berjumlah tiga orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Universitas Indonesia sudah memanfaatkan media sosial untuk sarana promosi. Terlihat bahwa media sosial yang paling aktif digunakan yaitu Twitter. Peneliti menyarankan Perpustakaan Universitas Indonesia untuk membuat kebijakan tertulis pengelolaan media sosial. As a non profit organization, Library need to used social media as a promotion tool. This study is discussing about the utilization of social media in University of Indonesia Library as a media for promotion. The purpose of this study is to described the utilization of social media such as Twitter and Instagram for University of Indonesia Library, which can be seen from Nduka 2015 and Garofalo 2013. This research was using case study method and data was obtained using qualitative research. Three people were get involved directly as informant for media of the library campaign in social media. The result showed that library in University of Indonesia has been utilized social media to promote the library. It also showed that most of people used Twitter as social media to promote the library. The Researcher suggest that University of Indonesia Library need to create a policy which related to social media. |
![]()
|
No. Panggil : | S-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 65 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-Pdf | 14-20-423943780 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475454 |