:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Upaya menumbuhkan minat baca pada anak usia dini di Taman Pengembangan Anak Makara Fakultas Psikologi Universitas Indonesia = Attempts to foster reading interest for early childhood at Taman Pengembangan Anak Makara faculty of Psychology Universitas Indonesia

Farah Fida Juwitasari; Laksmi, supervisor; Luki Wijayanti; Margareta Aulia Rachman, examiner; Muhamad Prabu Wibowo, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang upaya menumbuhkan minat baca pada anak usia dini di Taman Pengembangan Anak Makara TPAM Fakultas Psikologi Universitas Indonesia yang sesuai dengan emergent literacy literasi dasar yang diterapkan oleh pengajar pendidikan anak usia dini secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi upaya penumbuhan minat baca anak usia dini yang diterapkan pada Taman Pengembangan Anak Makara Psikologi UI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian ini adalah wakil koordinator TPAM, fasilitator dan co-fasilitator, dan orangtua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya upaya yang diterapkan oleh TPAM dalam menumbuhkan minat baca pada anak usia dini yang terlihat dari program kegiatan di tempat tersebut. Upaya tersebut adalah menyisipkan pengenalan literasi sesuai perkembangan bahasa anak, menggunakan media yang menarik ketika mendongeng dan bercerita, membacakan buku kepada anak sebelum tidur, mengajarkan anak untuk mencintai buku, menyampaikan isi buku dengan kreatif dan efektif, dan memberikan pelatihan kepada para pengajar di TPAM.

ABSTRACT
This research discusses the attempts to foster reading interest for children at early age at Taman Pengembangan Anak Makara TPAM , Faculty of Psychology, Universitas Indonesia that is compatible with emergent literacy implemented by effective early childhood teachers. The goal of this research is to identify the attempts made by Taman Pengembangan Anak Makara Psikologi UI to increase reading interest. This research uses qualitative approach with case study method. The informants of this study were vice coordinators of TPAM, facilitators and co facilitators, and parents of students. The result of this research aims to show that there are efforts seen from the activities held there. The efforts are infusing literacy introduction to children 39 s language development, using interesting media when telling stories, reading books to children before bedtime, teaching children to love books, delivering books creatively and effectively, and providing training to the facilitators in TPAM. Overall, TPAM has been paying attention to children 39 s development from every aspect, including attempts to foster children 39 s reading interest. However, these attempts are expected to be maximized by increasing the collection of books on TPAM.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Farah Fida Juwitasari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 92 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-721796814 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475487