Strategi ekspansi dan integrasi kapital teknologi terhadap kinerja dan struktur pasar pertelevisian nasional: studi kasus PT Global Mediacom Tbk dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk = Expansion strategy and capital integration on market performance and structure of national television: case study on PT Global Mediacom Tbk and PT Elang Mahkota Teknologi Tbk / Steffi Fatima Indra
Steffi Fatima Indra;
Nainggolan, Juli Bestian, supervisor; Pinckey Triputra, examiner
([Publisher not identified]
, 2018)
|
ABSTRAK Sebagaimana yang umum terjadi di negara-negara lainnya, pertumbuhanindustri pertelevisian juga diikuti oleh integrasi kepemilikan. Hal tersebutdilakukan oleh para pemimpin pasar untuk mendirikan dan melanggengkankerajaan bisnis raksasa milik mereka. Merujuk kepada model analisis StukturPerilaku-Kinerja,penelitian ini akan mengungkapkan meski performa ekonomigrup-grup media saat ini terkena imbas dari perlambatan ekonomi danperkembangan teknologi secara cepat, dominasi PT Global Mediacom Tbk dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dalam industri media saat ini tetap sama selama satu dekade terakhir. Studi kasus kolektif dalam penelitian ini akan mengelaborasikan kinerja kedua grup dalam rangka mendapatkan kesimpulan terkait bagaimana keduaperusahaan mengukuhkan dan menguatkan keberadaan mereka di dalam eradigitalisasi industri media Indonesia saat ini. Penelitian ini menemukan bahwa (1)struktur pasar pertelevisian selepas 1998 bersifat oligopolistik dan terkonsentrasitinggi kepada sejumlah kelompok saja, (2) Global Mediacom dan Elang MahkotaTeknologi sebagai pemimpin-pemimpin pasar telah melakukan strategi-strategiintegrasi dan digitalisasi produk yang menghasilkan penguasaan yang stabil ataspasar khalayak dan iklan, serta (3) meskipun perusahaan-perusahaan ini telahmelakukan sejumlah strategi digital besar, hasilnya tetap belum mampumenghasilkan keuntungan yang signifikan karena tetap saja keduanya bergantungkepada lini-lini usaha konvensionalnya seperti penyiaran dan TV berlangganan. ABSTRACT As what commonly happens to any other nations, Indonesian Televisionindustry growth is also followed by ownership integration. This was done by themarket leaders to establish and sustain a massive business empire. Relying on theStructure-Conduct-Performance analysis model, this study reveals that although theeconomic performance of media holding companies are impacted by both the recenteconomic slowdown and the technology rapid development, the domination of PTGlobal Mediacom Tbk and PT Elang Mahkota Teknologi Tbk in this mediaindustry is in fact remain intact throughout decade. The collective case study in thisresearch will elaborate the performance of the two groups in order to get aconclusion on how these corporations solidify and strengthen their existence in theIndonesian media industry in the current digitazion era. This research finds that (1)the television market structure after 1998 is oligopolistic and is highly concentratedonto very few groups, (2) Global Mediacom and Elang Mahkota Teknologi asmarket leaders, have been trying to apply integration strategies and productdigitization resulting in their stable domination in both audience and advertisingmarket and (3) although these two holding companies have had committed severalmajor digital strategies, the results have yet to generate significant profit becausethese two groups eventually still dependent on its conventional line of businesslines like broadcasting and pay TV. |
T50077-Steffi Fatima Indra.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T50077 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 116 pages : illustration ; 30 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T50077 | 15-18-384711955 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475798 |