:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Educational spillover dan kesehatan pasangan = Educational spillover and partner's health

Syta Kurnia Putri; Dwini Handayani, supervisor; Diahhadi Setyonaluri, examiner; Wongkaren, Turro Selrits, examiner (Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Kondisi sosial ekonomi merupakan faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan yang akan dicapai oleh seorang individu. Pendidikan sebagai salah satu dimensi dalam status sosial ekonomi diketahui berhubungan erat dengan kesehatan baik secara langsung meningkatkan kesadaran akan kesehatan maupun tidak langsung akses pada pekerjaan yang lebih aman dan penghasilan yang lebih tinggi. Namun tingkat kesehatan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh perilaku individu itu sendiri melainkan dipengaruhi oleh lingkungan dan konteks sosial dimana individu tersebut tinggal salah satunya pasangan dalam ikatan pernikahan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh tingkat pendidikan pasangan terhadap status kesehatan suami maupun istri dalam rumah tangga. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survei Sosial Ekonomi Nasional Susenas Tahun 2017. Hasil analisis dengan metode ordered logit model menunjukkan bahwa pendidikan pasangan memengaruhi status kesehatan baik suami maupun istri dalam rumah tangga. Menikah dengan pasangan yang berpendidikan tinggi akan meningkatkan peluang seseorang untuk memiliki status kesehatan yang lebih baik dibandingkan menikah dengan pasangan yang berpendidikan rendah. Selanjutnya, kondisi kesehatan terbaik akan dicapai oleh suami maupun istri ketika keduanya berpendidikan tinggi, sementara educational homogamy pada pendidikan rendah akan menurunkan self-rated health keduanya. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan pentingnya educational spillover dalam memengaruhi status kesehatan pasangan dalam rumah tangga.

Socioeconomic conditions are important factors that determine the level of health achieved by an individual. Education as one dimension in socioeconomic status is known to be closely related to health both directly raising awareness of health and indirectly access to safer jobs and higher incomes. But the level of one's health is not only affected by the individual's own behavior but also influenced by the environment and social context where individual lived, one of them is marriage partner. Using data from Indonesia Social and Economic Survey SUSENAS 2017, this study aim to examine the influence of couple's education attainment on partner's health status in the household. Applying ordered logit model, the result show that spouse's education affects health status of both husband and wife in the household. Married to a highly educated partner will increase a person's chances of having a better health status than married to a low educated partner. Furthermore, the best health condition will be achieved by husband and wife when both are highly educated, while educational homogamy in lower education will reduce couple rsquo s self rated health. Overall, the result indicate the importance of educational spillover in affecting partner's health status in the household.

 File Digital: 1

Shelf
 T50581-Syta Kurnia Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T50581
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 134 pages: illustration; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T50581 15-19-769248551 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20475855