Pengaruh dukungan sosial terhadap adaptabilitas karier remaja berkebutuhan khusus melalui pembentukan career decision self-efficacy = Social support effect on special needs adolescence s career adaptability through career decision self efficacy
Firosyana Rizki Amalia;
Farida Kurniawati, supervisor; Puji Lestari Suharso, examiner; Dianti Endang Kusumawardhani, examiner
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018)
|
Tahap perkembangan karier maupun proses dalam mengambil keputusan karier yang dijalani oleh remaja tanpa kekhususan dengan remaja yang memiliki kekhususan tidak berbeda. Individu dengan kekhususan mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan lingkungan yang berbeda dibandingkan individu tanpa kekhususan sehingga pengalaman yang berbeda inilah yang kemudian memengaruhi perkembangan mereka. Misalnya saat mereka melakukan penilaian mengenai diri mereka. Individu yang merasa dirinya mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungan karena kekhususan tertentu akan merasa tidak yakin dalam melaksanakan tugas tertentu. Namun dukungan sosial dapat membantu remaja berkebutuhan khusus untuk merasa lebih yakin dengan diri mereka. Oleh karena itu, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk melihat peranan dukungan sosial terhadap adaptabilitas karier remaja berkebutuhan khusus melalui peran mediasi career decision self-efficacy. Pengukuran adaptabilitas karier, career decision self-efficacy dan dukungan sosial dilakukan dengan menggunakan CAAS Savickas Porfeli, 2012 , CDSE-SF Betz Taylor, 1983 dan dimensi verbal persuasion dan vicarious experience dari skala CEDLE Lent et al., 2017 secara berurutan. Penelitian dilakukan terhadap 210 remaja berkebutuhan khusus yang dikelompokkan sebagai remaja tuna netra, tuna rungu dan tuna daksa. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah multiple regression dengan uji peran mediasi dianalisis dengan menggunakan macro PROCESS buatan Hayes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang berasal dari guru memiliki pengaruh yang signifikan dalam pembentukan adaptabilitas karier melalui peran mediasi career decision self-efficacy. Hal ini berarti guru memiliki peranan yang signifikan dalam membentuk keyakinan remaja untuk menentukan jalur karier yang akan dijalani yang kemudian akan memengaruhi adaptabilitas kariernya. Stages of career development and the process of making career decisions undertaken by typically developing adolescence and special need adolescence going through the same path. However, special needs individuals experienced different interaction with environments than typically develop individuals so that these different experiences subsequently affect their development. Individuals who felt difficulty in interacting with the environment because of their special need will somehow feel unsure in performing tasks. But social support might help adolescents with special needs to feel more confident in themselves. Therefore, the aim of present study is to examine the social support effect on special needs adolescence rsquo s career adaptability through career decision self efficacy as mediator. The measurement of on career adaptability, career decision self efficacy and social support was done by using CAAS Savickas Porfeli, 2012 , CDSE SF Betz Taylor, 1983 and the verbal persuasion and vicarious experience dimensions of the CEDLE scale Lent et al., 2017 , respectively. The study involved 210 adolescents with special needs classified as visual impairment, hearing impairment and physically disabled. Statistical analysis that being used is multiple regression with mediation role test analyzed by using PROCESS rsquo macro made by Hayes. The results show that social support from teachers has a significant role in forming adolescence rsquo s career adaptability through the role of career decision self efficacy as mediator. This means that teachers have a significant role in shaping adolescent confidence to determine which career path that will be undertaken and then influence his her career adaptability. |
T51424-Firosyana Rizki Amalia.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T51424 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 74 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T51424 | 15-19-247799131 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20476062 |