:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Nilai kerja Islam dan implikasinya pada komitmen organisasi serta produktivitas karyawan hotel syariah studi komparasi Pulau Jawa dan Pulau Lombok = Islamic work values and implcations to organizational commitment and productivity of sharia hotel employees comparative study in Java and Lombok Islands

Wahyuningsih; Mohammad Soleh Nurzaman, supervisor; Banu Muhammad Haidir, supervisor; Ranti Wiliasih, examiner; Muhammad Zilal Hamzah, examiner; Yon Machmudi, examiner (Universitas Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian tentang nilai kerja secara umum telah banyak dilakukan oleh para peneliti, namun penelitian terkait nilai kerja yang bersumber dari agama Islam masih dinilai terbatas. Sementara itu, dewasa ini industri pariwisata syariah tengah berkembang cukup pesat khususnya pada penyediaan akomodasi seperti hotel syariah. Perkembangan hotel syariah menyebabkan kebutuhan akan sumber daya insani yang diharapkan tidak hanya mahir dalam operasional hotel saja akan tetapi juga mampu mengimplementasikan nilai-nilai syariah ke dalam pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan nilai-nilai kerja Islam terhadap komitmen organisasi dan produktivitas karyawan hotel syariah di Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Penelitian ini mengkomparasikan aspek penerapan dan pengaruh dari nilai-nilai kerja Islam di kedua pulau tersebut dengan jumlah sampel masing-masing 130 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Squares. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, terdapat sejumlah jalur hubungan yang positif dan signifikan antara nilai kerja Islam dengan komitmen organisasi dan produktivitas karyawan hotel syariah, baik pada responden Pulau Jawa maupun Pulau Lombok. Namun untuk variabel karakteristik individu di Pulau Jawa tidak memiliki hubungan pengaruh terhadap ketiga variabel sebelumnya nilai kerja Islam, komitmen organisasi, dan produktivitas , sementara untuk responden di Pulau Lombok, terdapat pengecualian yakni pada status perkawinan yang memiliki kecenderungan berupa hubungan yang positif dengan nilai kerja Islam dan hubungan yang negatif dengan komitmen organisasi. Akan tetapi, hubungan yang negatif tersebut dapat ditanggulangi dengan efek mediasi oleh nilai kerja tanggung jawab yang secara signifikan memperkuat komitmen organisasi karyawan yang telah menikah.

ABSTRACT
Studies on work values have been conducted by various scholars, but relatedstudies on work values based on Islamic religion is still lacking. Meanwhile,Islamic tourism industry is currently growing rapidly, especially on accomodationservices like sharia hotels. Development of sharia hotel generates demand forhuman resources that expected to not merely adept on hotel rsquo s operation but alsoable to implement sharia Islamic values at their works. This study aims to observethe impact of Islamic work values to organizational commitment and productivityof sharia hotels rsquo employees in Java and Lombok Islands. This study comparedimplementation and impact of Islamic work values in both islands with samplingsize of 130 respondents in each island. Research method used is quantitativemethod with data analysis technique named Partial Least Squares. Results fromthis study show that in general, there are some positive and significant correlationpaths between Islamic work values with organizational commitment andproductivity of sharia hotels rsquo employees in both Java and Lombok Islands. But,for individual characteristics variable in Java Island does not have any correlationwith other three variables Islamic work values, organizational commitment, andproductivity , while for respondents in Lombok Island, there is exception onmartial status that tend to have positive relationship with Islamic work values andnegative relationship with organizational commitment. However, that negativerelationship can be overcome through mediating effect by work value ofresponsibility which significantly strengthen organizational commitment ofmarried employees.

 File Digital: 1

Shelf
 T51015-Wahyuningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T51015
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 225 pages: illustration; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T51015 15-20-782837439 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20476478