:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan komponen mutu layanan klinis rawat jalan puskesmas akreditasi dan non akreditasi menggunakan kerangka kerja malcolm baldrige di Kota Jambi tahun 2018 = The component quality relationship of outpatient clinical services in public health centers accreditation and public health centers non accreditation by using the malcolm baldrige framework at Jambi City, Jambi, Indonesia 2018

Isati; H. Engkus Kusdinar Achmad, supervisor; Indah Rosana Djajadiredja, examiner; Amila Megraini, examiner (Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Akreditasi merupakan salah satu kebijakan pemerintah meningkatkan pelayanankesehatan puskesmas yang bermutu dan berkesinambungan. Malcolm Baldrige sebagaikerangka kerja ekselen untuk evaluasi sistem pelayanan kesehatan dengan menilai diridan memperbaiki mutu organisasi. Penelitian ini menggunakan kuesioner MalcolmBaldrige dan bab 7 tujuh akreditasi Permenkes yaitu layanan klinis berorientasi pasienuntuk mengetahui gambaran mutu layanan layanan klinis rawat jalan puskesmasakreditasi dan non akreditasi dan mengetahui hubungan kepemimpinan, strategi, fokuspasien, manajemen pengetahuan dan informasi, fokus staf dan proses kerja dengan hasil.Penelitian kuantitatif dengan skoring Malcolm Baldrige, sampel penelitian sebanyak126 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil skor Malcolm Baldrigediperoleh skor rata-rata A-D-L-I approach-deployment-learning-integration dan Le-TC-I level-trend-comparison-integration < 30 . Kedua jenis puskesmas berada padalevel kinerja poor. Puskesmas akreditasi berada pada kriteria early result dan nonakreditasi dengan kriteria early development. Kepemimpinan, strategi, fokus pasien,informasi dan analisis, fokus staf, dan proses mempunyai hubungan signifikan denganhasil layanan klinis rawat jalan. Puskesmas belum banyak dokumentasi layanan klinisrawat jalan, pendekatan belum optimal, perbaikan bila ada masalah dan belumterintegrasi antar unit layanan. Puskesmas akreditasi dan non akreditasi perlumeningkatkan mutu layanan klinis rawat jalan dan mengevaluasi diri dengan kerangkakerja ekselen Malcolm Baldrige.

Accreditation is one of the government policies to improve health services of PublicHealth Centers PHC either to improve its quality or sustainability. This study used theBaldrige questionnaire and chapter 7 of Indonesian Ministry of health accreditationregulation, namely patient oriented clinical service, in order to know the description ofthe quality clinical services outpatient in PHC accreditation non accreditation, as wellas to know the relationship of leadership, strategy, costumer focus, information, stafffocus, work processes with result. Quantitative research is conducted by scoringBaldrige 126 samples by using purposive sampling technique. Baldrige score resultshows that the average score of A-D-L-I and Le-TC-I is less that 30 . Both types ofPHC are at the level of poor performance. PHC accreditation is classified as the earlyresult criteria and non accreditation is classified as the early development criteria.Leadership, strategy, patient and staff focus, information, process, have a significantrelationship with outpatient clinical outcome results. PHC has less documentation ofoutpatient clinic services, not optimal approach, not well improvement if there is aproblem, not yet integrated among service units. Therefor, PHC ndash accreditation nonaccreditation need to improve their quality of outpatient clinical services, conduct selfassessmentby using the excellent framework of Baldrige.

 File Digital: 1

Shelf
 T50060-Isati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T50060
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 122 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T50060 15-18-907846735 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20476539