:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Syarat dan tata cara pengangkatan notaris untuk menjadi notaris yang bermoral, berintegritas dan berkualitas = The terms and procedure of appointment of a notary with morals, integrity and quality

Michelle Yolanda Putri Zhebua; Selenggang, Chairunnisa Said, supervisor; Siti Hajati Hoesin, supervisor; Yuli Indrawati, examiner; Winanto Wiryomartani, examiner (Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Tesis ini meneliti mengenai kriteria idealnya seorang Notaris serta kaitannya dengan syarat dan tata cara pengangkatan Notaris untuk mewujudkannya. Hal ini terkait dengan banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh Notaris dalam melaksanakan jabatannya sehingga dianggap perlu untuk diadakannya pengujian terhadap para calon Notaris. Pokok permasalahan yang diangkat adalah bagaimana kriteriaNotaris yang bermoral, berintegritas dan berkualitas, upaya untuk mewujudkannya, serta kaitannya dengan adanya Ujian Pengangkatan Notaris. Metode yang digunakan adalah metode penelitian yuridis-normatif dan menggunakan penelitian dengan studi kepustakaan dan hasil data yang diperoleh bersifat Deskriptif Analitis. Hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwa Notaris yang ideal adalah Notaris yang patuh terhadap kode etik yang mengikat jabatan dan profesinya serta berkualitas dalam melaksanakan jabatannya secara substansial dan teknis sesuai dengan Undang-Undang Jabatan Notaris. Untuk memenuhi kriteria tersebut maka diperlukan peningkatan peran dari berbagai pihak mulai dari perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan Kenotariatan, sampai dengan sesama para rekan Notaris dan tentunya dari lembaga serta organisasi Notaris itu sendiri. Materi Ujian Pengangkatan Notaris dapat menyeleksi kualitas calon Notaris akan tetapi tidak dapat menjamin moralitas dari calon Notaris, dan besaran materi yang diuji sebaiknya tidak dikelompokkan, selain itu terdapat beberapa materi yang kurang tepat dan tidak berkaitan dengan kualitas Notaris.

ABSTRACT
This thesis examines the ideal criteria of a Notary and its relation with the terms and procedure of appointment. The amount of violations commited by Notaries in conducting its position has resulted to the need of a re evaluation and examination towards Notary candidates. The issue raised in this research concerns a Notary's morals, integrity and quality in relation to the Notary Appointment Examination. This thesis is a legal normative research that produces descriptive analytic data. This research has shown that an ideal Notary will abide by the code of ethics that binds his position and profession as well as being qualified in carrying out his position substantially and technically in accordance with the Notary Law. To meet these criterias it is necessary to involve the role of various parties ranging from universities that administer Notary Education Programs, to fellow notaries and from institutions and organizations of the Notary itself. The materials included in the Notary Appointement Examination may be able to filter unqualified Notary candidates but cannot guarantuee them of their morals and integrity. A few of the materials being tested in the exam should be ungrouped into more common subjects, while some are irrelevant to the quality of the Notary candidate itself.

 File Digital: 1

Shelf
 T50568-Michelle Yolanda Putri Zhebua.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T50568
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 111 pages: illustration; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T50568 15-19-286539575 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20476581