:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Engendering economy dan kekerasan dalam rumah tangga = Engendering economy and household violence

Dina Ika Kusumaningsih; Sri Murtiningsih S. Adioetomo, supervisor; Syarifah Liza Munira, examiner; Dwini Handayani, examiner (Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak perbaikan sumber daya perempuan pada kekerasan ekonomi perempuan dalam rumah tangga. Pertanyaan ini didorong dari fakta bahwa partisipasi kerja perempuan di Indonesia telah meningkat, terutama di daerah perkotaan. Fakta ini didukung oleh gagasan bahwa pendidikan secara signifikan meningkat menuju kesetaraan dengan laki-laki di semua tingkat pendidikan UNESCO, 2015 . Hal ini menunjukkan hasil dari upaya untuk mencapai kesetaraan gender. Namun demikian, ini menarik untuk melihat, apakah perubahan yang mengesankan dalam peluang, kesempatan bersuara dan agensi, memberikan dampak yang lebih baik terhadap posisi mereka dalam keluarga? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari partispasi kerja dan pencapaian pendidikan perempuan menikah pada kekerasan ekonomi dalam rumah tangga. Studi ini akan menggunakan Survei Nasional Indonesia tentang Pengalaman Hidup Wanita SPHPN tahun 2016 dan model logistik multinomial untuk memperkirakan hasilnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber daya yang dimiliki oleh perempuan memiliki hubungan yang berbeda terhadap pengalaman kekerasan ekonomi. Status kerja membantu perempuan dalam mengurangi risiko kekerasan ekonomi. Namun demikian, dalam hal pendidikan, tidak menunjukkan pola seragam dalam menjelaskan pengalaman kekerasan ekonomi. Studi ini akan berkontribusi pada literatur kekerasan ekonomi yang kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan bentuk-bentuk kekerasan lainnya.

This study aims to analyze the impact of women rsquo s better position and resources on economic abuse for the married couple in the household. This question driven from the fact that female labour force in Indonesia has been increasing, particularly in urban areas. This fact supported by the notion that educational significantly increase toward equality with men at all level of education UNESCO, 2015 . This shows that the efforts to achieve gender equality leads to wonderful results. Nevertheless, this leave us some questions, while women have impressive change in endowment, chance, voice and agency, does these resources give better impact to their position in the family This study aims to analyze the impact of married women rsquo s educational attainment and women rsquo s participation in employment on economic abuse in the household. This study will use The Indonesian National Survey on Women rsquo s Life Experience SPHPN year 2016 and the multinomial logistic model to estimate the result. The result of this research shows that resources own by the women has different relations towards economic abuse experiences. Working status helps women in decreasing economic abuse risks. Nevertheless, in terms of education, it does not show the uniform pattern in explaining the economic abuse experience. This study will contribute to the literature of economic abuse which has received less attention than the other forms of violence.

 File Digital: 1

Shelf
 T50933-Dina Ika Kusumaningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T50933
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 89 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T50933 15-18-705039245 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20476654