:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Determinan perilaku sedentari pada siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tahun 2018 = Determinant of sedentary behavior on student of junior high school in Cibinong Sub District, Bogor Regency, West Java, 2018

Yunita Arihandayani; Evi Martha, supervisor; Besral, examiner; Tri Krianto, examiner; Dwi Adi Maryandi, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Nama : Yunita ArihandayaniProgram Studi : Ilmu Kesehatan MasyarakatJudul Tesis : Determinan Perilaku Sedentari Pada Siswa SekolahMenengah Pertama SMP di Kecamatan Cibinong,Kabupaten Bogor, Jawa Barat Tahun 2018Pembimbing : Dr. dra. Evi Martha, M.KesProporsi perilaku sedentari semakin meningkat pada semua kelompok umurbaik pada orang dewasa dan anak-anak dari tahun ke tahun. Pada anak-anakdan remaja berbagai dampak kesehatan merugikan dapat terjadi akibatperilaku sedentari yang dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktulama. Beberapa faktor berhubungan dengan terjadinya perilaku sedentari padaanak-anak dan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktoryang berhubungan dengan perilaku sedentari pada siswa SMP di kecamatanCibinong, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penelitian menggunakan desain crosssectional dengan jumlah sampel sebanyak 312 siswa SMP kelas 7 dan kelas 8.Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang sudah di uji validitas danreliabilitasnya serta dianalisis menggunakan regresi logistik ganda. Regresilogistik ganda menunjukkan 50,6 responden melakukan perilaku sedentarilebih dari 6 jam. Hasil analisis membuktikan faktor umur OR: 1,5 , pola asuhorang tua OR: 3,0 , dukungan teman sebaya OR: 1,5 , fasilitas sekolah OR:0,4 , dan peraturan sekolah OR: 5,0 berhubungan dengan perilaku sedentari.Pola asuh orang tua dan peraturan sekolah yang mendukung merupakan faktorpaling dominan berhubungan dengan perilaku sedentari. Responden yangmendapat pola asuh tidak baik berpeluang untuk melakukan perilaku sedentari3,0 kali dibanding yang mendapat pola asuh baik. Responden yang bersekolahdi sekolah dengan peraturan yang tidak mencukupi berpeluang untukmelakukan perilaku sedentari 5,0 kali dibanding yang bersekolah di sekolahdengan peraturan yang sudah cukup. Untuk itu dalam upaya pencegahanperilaku sedentari pada siswa perlu melibatkan peran orang tua siswadisamping juga perlu didukung oleh peraturan dan fasilitas sekolah yangmencukupi. Adanya dukungan teman sebaya diantara siswa juga diperlukanuntuk mendukung pencegahan perilaku sedentari pada siswa.Kata kunci:Perilaku Sedentari, Siswa, Pola Asuh Orang Tua, Fasilitas, dan PeraturanSekolah

ABSTRACT
ABSTRACTName Yunita ArihandayaniStudy Program Public Health ScienceTitle Determinant of Sedentary Behavior on Student ofJunior High School in Cibinong Sub District, BogorRegency, West Java, 2018Counsellor Dr. dra. Evi Martha, M.KesThe proportion of sedentary behavior is increasing in all age groups in bothadults and children year to year. In children and adolescents a variety ofadverse health effects can occur as a result of continual perpetual behavior.Several factors are associated with the occurrence of sedentary behavior inchildren and adolescents. This study aims to determine the factors associatedwith sedentari behavior in junior high school students in sub district Cibinong,Bogor regency, West Java. The research used cross sectional design with 312students of 7th and 8th grade. Data were collected using questionnaires thathave been tested for validity and reliability and analyzed using multiplelogistic regression. The results showed 50.6 of respondents performingbehavior sedentari more than 6 hours. The results of the analysis prove the agefactor OR 1.5 , parenting patterns OR 3.0 , peer support OR 1.5 , schoolfacilities OR 0.4 , and school rules OR 5.0 is associated with sedentarybehavior. Parenting parenting and supporting school rules are the mostdominant factors associated with sedentary behavior. Respondents whoreceived poor upbringing had the opportunity to conduct behavior as much as3.0 times compared to those who received good parenting. Respondents whoattend school with insufficient regulations have the opportunity to conductbehavior 5 times less than those who attend school with sufficient regulation.Therefore, in the effort of prevention of student 39 s sedentari behavior, it isnecessary to involve the parent 39 s role as well as to be supported by adequateschool rules and facilities. The presence of peer support among students is alsoneeded to support the prevention of sedentary behavior in students.Keywords Sedentary Behavior, Student, Parenting Patterns, School Regulations andFacilities

 File Digital: 1

Shelf
 T51350-Yunita Arihandayani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T51350
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 148 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T51350 15-19-180154247 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20476869