:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis pemulihan biaya dan strategis keberlangsungan pada unit NICU RSUD Koja Jakarta Utara = Cost recovery rate and analysis strategic at NICU RSUD Koja, in 2016

Eka Wulan Sari; Prastuti Soewondo, supervisor; Mardiati Nadjib, examiner; Atik Nurwahyuni, examiner; Indra Maryunif, examiner; Ani Ruspitawati, examiner (Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Tesis ini membahas mengenai analisis biaya pemulihan pada NICU RSUD Koja pada tahun 2016. Permasalahan yang ada adalah besarnya pengeluaran yang harus ditanggung oleh rumah sakit pada di NICU. Penelitian ini merupakan analisis kualitatif dengan data kuantitatif, analisis kuantitatif yaitu menghitung tingkat pemulihan biaya pelayanan NICU RSUD Koja yang terjadi dalam rentang waktu Januari-Desember 2016.metode yang di gunakan adalah step down dan analisis SWOT. Dari hasil penghitungan ini menunjukan pembiayaan terbesar adalah pada operasional yaitu sebesar 54 dari total biaya. Pengeluaran terbesar adalah belanja pegawai yaitu sebesar 26 dari total biaya, pemulihan biaya di NICU sebesar 85 yang menggambarkan NICU mengalami defisit. Dalam mengatasi defisit tersebut manajemen RSUD dapat membuat kebijakan yang berkaitan dengan penetapan biaya satuan serta membuat langkah strategis antara lain meningkatkan utilisasi, efisiensi, mengurangi lama hari rawat dan melibatkan perawat pelaksana. Rumah sakit dapat meningkatkan pemanfaatan NICU salah satunya dengan menjadi rujukan pelayanan NICU di DKI maupun rujukan nasional yang bekerjasama dengan asuransi swasta dan rumah sakit lainnya.

This thesis discuss about the cost recovery rate analysis at NICU RSUD Koja in 2016. The existing problem is the amount of expense that should be borne by the hospital on NICU. This research is qualitative analysis by using quantitative data and interviews. the method use is step down and SWOT analysis. From the results of this calculation shows that the largest financing is on the operational that is equal to 54 of the total cost. The largest expense is employee expenditures that is equal to 26 of the total cost, cost recovery in the NICU described that the NICU is experiencing deficit. In addressing the deficit management of RSUD can create a policy with regard to the costing unit as well as making strategic steps such as improving utilization, efficiency, reducing length of stay and involving nurses. Hospitals can improve the utilization of NICU such as becoming a referral NICU service in DKI as well as national reference that work together with private insurance and other hospitals.

 File Digital: 1

Shelf
 T50034-Eka Wulan Sari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T50034
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 116 pages: illustration; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T50034 15-19-137451084 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20477039