:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektivitas dalam project-based team: indikator utama dan studi kasus = Effectiveness in project based-team: key indicators and case study

Fauzia Seftyandra; Arviansyah, supervisor; Ratih Dyah Kusumastuti, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Kerjasama tim sangat penting untuk setiap organisasi melakukan tujuan tertentu. Anggota tim bekerja bersama sebagai kelompok yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk mencapai produktivitas dan kinerja yang lebih tinggi. Tim yang efektif diinginkan untuk mencapai kinerja yang optimal. Namun, hanya ada beberapa studi efektivitas dalam tim yang dioperasikan berdasarkan proyek. Studi ini secara sistematis meninjau literatur yang ada di dua disiplin ilmu yaitu Manajemen Proyek dan Manajemen Sumber Daya Manusia, kemudian mensintesisnya menjadi serangkaian indikator yang mempengaruhi efektivitas dalam tim berbasis proyek. Hasil tinjauan mengungkapkan 18 indikator utama. Empat studi kasus dilakukan di perusahaan dengan proyek pengelolaan limbah. Wawancara dilakukan dengan dua belas anggota tim berbasis proyek untuk menguatkan gagasan indikator, mengidentifikasi lima indikator utama, dan mendapatkan wawasan ke dalam hubungan antara indikator dan efektivitas tim dalam praktik. Analisis kasus menunjukkan kepemimpinan dan dukungan manajemen adalah indikator penting sebagai prasyarat untuk tim berbasis proyek yang efektif dan berhasil. Secara praktis, penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi untuk organisasi tim berbasis proyek dengan berfokus pada indikator yang paling penting.

ABSTRACT
Teamwork is essential for any organizations to undertake particular purposes. Team members work together as a group combining their knowledge and skill to attain higher productivity and performance. An effective team is considered desired to achieve optimal performance. However, there are only a few studies of effectiveness in teams which are operated based on projects. This study systematically reviews the extant literature across two disciplines, Project Management and Human Resource Management, and synthesizes them into a set of indicators affecting effectiveness in project based teams. The review result reveals 18 potential indicators. Four case studies are conducted in a waste management project company. Interviews with twelve members of project based teams are done to corroborate the indicators, identify the top five key indicators, and obtain insights into the relationship between indicators and team effectiveness in practice. The case analysis shows leadership and management support are the critical indicators as the prerequisite for effective and successful project based team. In the practical sense, this study can be used to develop the strategy for project based team organizations by focusing on the most important indicators.

 File Digital: 1

Shelf
 T50519-Fauzia Seftyandra .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T50519
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 70 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T50519 15-18-529218440 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20477333