:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi preservasi dan diseminasi upacara marunjuk pada perkawinan Suku Batak Toba di Depok dan peran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok = Strategy of preservation and dissemination of upacara marunjuk at batak toba ??s marriage in depok and the role of the archives and library of Depok

Afryna Veronica; Tamara Adriani Susetyo-Salim, supervisor; Yohanes Sumaryanto, examiner; Laksmi, examiner; Taufik Asmiyanto, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian tesis ini menganalisis tentang strategi preservasi dan diseminasi Upacara Marunjuk pada perkawinan Suku Batak Toba di Kota Depok Jawa Barat. Penelitian ini berfokus pada preservasi dan diseminasi kearifan lokal yaitu Upacara Marunjuk yang dimiliki oleh Masyarakat Batak Toba khususnya yang ada di Kota Depok Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, dimana pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah strategi preservasi dan diseminasi kearifan lokal menggunakan SECI Model melalui empat proses yaitu sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, dan internalisasi. Ke empat proses tersebut sudah berjalan dengan baik. Dalam preservasi dan diseminasi Upacara Marunjuk ditemui beberapa kendala yakni banyaknya Masyarakat Batak Toba di perkotaan berpendapat bahwa pelaksanaan Upacara Marunjuk tidaklah penting, biaya yang mahal, serta kurangnya perhatian dari pemerintah setempat terhadap keberadaan kearifan lokal. Kendala ini yang menyebabkan banyak dari masyarakat Batak Toba di kota Depok lebih memilih untuk tidak menjaga dan mewariskan kearifan lokal ini kepada generasi berikutnya. Hal yang sangat disayangkan karena Upacara Marunjuk merupakan representasi dari kehidupanMasyarakat Batak Toba.

ABSTRACT
This thesis research analyzes the strategy of preservation and dissemination of Upacara Marunjuk at Batak Toba rsquo s marriage in Depok, West Java. This research focuses on the preservation and dissemination of IK that is the Upacara Marunjuk held by Batak Toba rsquo s Society especially in Depok. The method used in this research is qualitativeresearch method, where the data collection using observation, interview, and document analysis. The result of this research is the strategy of preservation and dissemination of IK using SECI Model through four processes are socialization, externalization, combination, and internalization. All four processes have run well. In preservation and dissemination Upacara Marunjuk encountered several obstacles that the number of Batak Toba rsquo s community in urban areas argue that the implementation of the ceremony is not important, need substantial costs and lack of attention from local government to the existence of IK. This constraint that causes many of the Batak Toba rsquo s Society in Depok prefer not to keep and transmit this IK to the next generation. It is very unfortunate because this ceremony is a representation of the life of the Batak Toba rsquo s Society.

 File Digital: 1

Shelf
 T51370-Afryna Veronica.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T51370
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 92 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T51370 15-21-787961132 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20477397