:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis efektivitas implementasi sistem term of consumption di PT.XYZ = An analysis of term of consumption system implementation in PT.XYZ

Fahrul Harundani Ginanjar; Nofrisel, supervisor; Ratih Dyah Kusumastuti, examiner; Harahap, Muslim Efendi, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai implementasi sistem Term of Consumption TOC yang merupakan sebuah adaptasi dari sistem Vendor Managed Inventory VMI di PT.XYZ. Sebagai salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia, PT. XYZ bergerak dengan berdasarkan pada sebuah sistem rantai pasok yang kompleks. Untuk dapat bertahan dan tetap menjadi yang terdepan, PT.XYZ memahami betapa pentingnya meningkatkan keunggulan daya saing rantai pasoknya dengan menggunakan strategi kerjasama. Strategi kerjasama dengan konsep VMI adalah salah satu sistem yang paling sering digunakan dalam industri retail. Bagi peritel, konsep VMI sebenarnya adalah untuk memindahkan tanggung jawab atas manajemen persediaan mereka ke pemasok. Kerjasama VMI memberikan tanggung jawab kepada pemasok untuk membuat keputusan terkait pemenuhan persediaan peritel. Untuk dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pemasoknya, maka PT.XYZ melakukan adaptasi sistem VMI menjadi sebuah sistem yang disebut TOC. Setelah dilakukan penelitian terhadap sistem TOC, maka ditemukan bahwa penerapan sistem TOC berhasil menekan tingkat persediaan barang kosong meskipun masih memerlukan penyesuaian untuk mendapat hasil yang lebih maksimal.

ABSTRACT
The focus of this research is the implementation of Term of Consumption TOC system which is an adaptation of Vendor Managed Inventory VMI system in PT.XYZ. As one of the largest retail company in Indonesia, PT.XYZ relying their operational activities through a complex supply chain management system. To be able to survive and become a leading company, PT.XYZ understand the importance to improve the competitive advantage of its supply chain by means of strategic alliances. VMI is one of the most popular strategic alliances concept in retail industry. For retailer, VMI actually transferring their responsibility of inventory management to supplier. VMI partnership enables the supplier to make decision regarding inventory replenishment for retailer. To be able to adjust with the needs of supplier, PT.XYZ adapt the VMI system to a system called TOC. The results obtained from the research is that TOC system is success to decrease stock out but it still need more improvement and adjustment to achieve maximum results.

 File Digital: 1

Shelf
 T50510-Fahrul Harundani Ginanjar .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T50510
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 285 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T50510 15-21-541959748 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20477432