:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Edukasi nutrisi dengan metode storytelling untuk mengatasi masalah pada keluarga dengan gizi kurang di kelurahan curug = Nutrition education with storytelling method to overcome family problems with underweight in kelurahan curug

Afifah; Poppy Fitriani, supervisor; Tri Widyastuti Handayani, examiner; Lita Heni Kusumawardani, supervisor ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Masyarakat di perkotaan memiliki karakteristik yang bervariasi dan kompleks. Keadaan tersebut menyebabkan adanya beberapa masalah yang terjadi, diantaranya kondisi sosial ekonomi masyarakat. Sosial ekonomi yang rendah dapat berdampak pada masalah kesehatan, salah satunya gizi kurang pada anak usia prasekolah. Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang analisis intervensi edukasi nutrisi menggunakan metode storytelling dengan media video dan boneka tangan. Metode pelaksanaan yang digunakan ialah studi kasus pada tiga keluarga kelolaan dengan masalah gizi kurang pada anak usia prasekolah. Intervensi unggulan yang dilakukan adalah edukasi nutrisi dengan metode storytelling mengenai sayuran. Hasil evaluasi menunjukkan pengetahuan mengenai sayuran meningkat, keluarga dengan anak usia prasekolah mau makan sayuran dan adanya peningkatan berat badan pada klien. Metode storytelling disarankan dimasukkan ke dalam intervensi edukasi oleh perawat dalam memberikan informasi terkait nutrisi dengan menggunakan media dan cerita.

ABSTRACT
People in urban areas have varied and complex characteristics. The situation causes some problems that occur, including socio-economic conditions of society. Low socioeconomic impact on health problems, one of which is less nutrition in preschoolers. The purpose of this paper was give an overviewof the analysis of nutrition education intervention using storytelling method with video media and hand puppets. The implementation method used is a case study of three managed families with malnutrition problems in preschoolers. The main nursing intervention is nutrition education using storytelling method about vegetables. Evaluation results show that knowledge about vegetables is increasing, families with preschoolers want to eat vegetables and weight gain on clients. The storytelling method is suggested to be included into educational interventions by nurse in providing nutritional information using media and stories.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Afifah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PR-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 47 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-Pdf 16-19-091749079 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20478108