:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Resistensi terhadap kontrol sosial dari seksualitas perempuan Afrika-Amerika dalam lagu window seat oleh Erykah Badu dan lagu q.u.e.e.n oleh Janelle Monae = Resistence towards social control of black female sexualities in Erykah Badus window seat and Janelle Monaes q.u.e.e.n

Jordy Satria Widodo; A.G. Sudibyo, supervisor ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Seksualitas perempuan Afrika-Amerika di Amerika Serikat sudah menjadi isu yang diperdebatkan, dan banyak penyanyi Afrika-Amerika yang sudah mencoba untuk menantang persepsi negatif terhadap tubuh penyanyi perempuan Afrika-Amerika melalui karya-karyanya. Representasi dari perempuan Afrika-Amerika dalam masyarakat Amerika yang digambarkan seperti hiperseks dan diobjektifikasi secara seksual sering menjadi fokus utama dari penyanyi perempuan Afrika-Amerika. Penyanyi perempuan Afrika-Amerika yang populer diantaranya adalah Erykah Badu dan Janelle Monae yang menggunakan musik sebagai media untuk menyampaikan perjuangan dan aspirasi dari perempuan Afrika-Amerika. Melalui genre musik Hip Hop dan Funk, Badu dan Monae mengonfrontasi stereotip yang ada tentang seksualitas perempuan Afrika-Amerika dalam lirik-lirik lagu dan video musik mereka. Artikel ini mengemukakan tentang bagaimana tubuh bisa menjadi bentuk resistensi terhadap kontrol sosial akan seksualitas perempuan Afrika-Amerika dalam lagu Erykah Badu yang berjudul ldquo;Window Seat rdquo; dan lagu Janelle Monae yang berjudul ldquo;Q.U.E.E.N rdquo;. Selain itu, walaupun kedua lagu tersebut mengekspresikan resistensi, bentuk resistensinya berbeda dalam masing-masing video musiknya. Sebagai tambahan, Badu mengeksplorasi kuasa melalui keadaan tubuh yang telanjang, sedangkan Monae menggambarkan kapasitas resistensinya melalui lapisan-lapisan pakaian.

ABSTRACT
Abstract Black female sexuality in the US has always been a contentious issue, and many Black female singers have tried to challenge the negative images about African-American female body through their works. Representations of African-American women in American society that are hyper sexed and sexually objectified often become the focus of Black female singers. Chiefly among them are Erykah Badu and Janelle Monae who use music as a medium to convey the struggles and aspirations of African-American females. Through the genres of Hip Hop and Funk, Badu and Monae confront the existing stereotypes about African-American Female sexuality in their songs rsquo; lyrics and music videos. This article proposes how the body becomes a site of resistance towards social control of Black female sexuality in the Erykah Badu rsquo;s song titled ldquo;Window Seat rdquo; and Janelle Monae rsquo;s song titled ldquo;Q.U.E.E.N rdquo;. Moreover, although both express resistances, the forms of resistance differ as in the music videos, Badu explores power through the state of being naked, while Monae draws on the capacity of resistance through layers of clothing.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Jordy Satria Widodo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 23 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-18-779221250 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20478914