ABSTRAK Matilda 1996 ialah film komedi-fantasi yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karanganpenulis Inggris, Roald Dahl. Film ini menceritakan tentang hubungan dan perjuangan seorang anak cerdasbernama Matilda dalam melawan intimidasi dari orang-orang dewasa yang jahat di sekitarnya, yaitu keluarga dankepala sekolahnya sendiri. Selain itu, film ini pun dapat digunakan sebagai sumber analisis untuk memahamimasalah psikologis dan sosiologis di masyarakat; dalam kasus ini ialah isu merisak. Penulis menemukan banyakpenelitian yang telah membahas novel Matilda dari perspektif kelas sosial, namun masih sedikit yangmenganalisis adaptasi film ini dari perspektif risak. Dengan menggunakan teori identitas sosial dari Henri Tajfel,artikel ini bertujuan untuk menemukan kompleksitas penindasan dengan menganalisis elemen visual dantekstual yang terdapat di dalam film. Artikel ini pun menunjukkan bagaimana perbedaan dalam kelompokmempengaruhi motif merisak dan bagaimana karakter utama dalam film ini dapat terlepas dari intimidasitersebut.Kata kunci: identitas sosial; lsquo;in-group rsquo; ndash; lsquo;out-group rsquo;; merisak; sastra anak ABSTRACT Matilda 1996 is a fantasy comedy movie adaptation of a novel with the same title written by Roald Dahl. Ittells about the relationship of a brilliant child, Matilda, with adult villains; her family and her principal. Thismovie explores Matilda rsquo;s struggles and fights over bullying from adult villains. This movie could be used as asource of analysis to understand psychological and sociological issues in the society; in this case bullying issue.While a lot of academic texts have discussed the novel from the perspective of social class, not many haveanalyzed the movie adaptation from the bullying perspective. By using Henri Tajfel rsquo;s framework of socialidentity, this article aims to discover the complexity of bullying by analyzing the visual and textual elements ofthe movie. This article shows the distinction within a group by analyzing the motif of bullying and how the maincharacter overcome it.Keywords: children rsquo;s literature; bullying; social identity; lsquo;in-group rsquo; - lsquo;out-group 39; |