:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Drawing the line: whitewashing and gender-swapping character as the representation of eastern monk in the film Doctor Strange (2016) = Whitewashing dan pertukaran gender pada karakter the ancient one sebagai representasi biksu oriental dalam film Doctor Strange (2016)

Nerissa Aviana; Harumi Manik Ayu Yamin, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Doctor Strange 2016 merupakan film produksi Marvel Studios yang menceritakan tentang perjalanan Dr. Stephen Strange untuk menyembuhkan cederanya yang parah dengan menemui The Ancient One, sebuah karakter yang ras dan gendernya telah diubah dari aslinya di komik. Artikel ini memfokuskan pada representasi karakter bernama The Ancient One melalui konsep Zajonc yang membahas keterbelakaan eksposur, penggambaran karakter wanita yang perkasa oleh Brown, dan performatifitas gender oleh Butler. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menyingkap personifikasi yang sudah berubah bentuk aslinya dari komik, yang kemudian dijadikan film. Selanjutnya, artikel ini menegaskan bahwa perubahan The Ancient One dari komik menjadi film telah berkontribusi untuk penggambaran ras dan gender dalam film yang mempunyai peran besar dalam membentuk perspektif masyarakat.

Doctor Strange 2016 is a film created by Marvel Studios that narrates the journey of Dr. Stephen Strange who wants to meet The Ancient One, the character that has been altered in terms of race and gender from the comics, to heal his severe injury from an accident. This article is focusing on the representation of a character, named The Ancient One. By applying the frameworks of Zajonc's Mere-Exposure, Brown's depiction of powerful female character, and Butler's gender performativity, this article aims to disclose the personification of a comic character in a motion picture. Furthermore, this article asserts that the changes of The Ancient One have contributed to the racial and gender portrayals of characters in films as the media that have great impacts in shaping audience's perspective.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Nerissa Aviana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 18 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 10-18-741256425 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20479008